---- Welcome to My Life ----

Wednesday, August 21, 2013

HOLIDAY!! Singapore-Malaysia Maret 2013 (Part 3)

Hari ketiga di liburan ini, Minggu 10 Maret 2013, alarm bunyi tepat jam setengah 4 subuh. Disaat Pipin masih terlelap, aku bergegas mandi. Setelah mandi aku bangunin Pipin. Jam setengah 5 selesai packing dan kita siap turun untuk sarapan langsung membawa semua koper yang sebagian dititip di hotel karna kita gak mau terlalu banyak bawaan saat tour nanti. Kita nitip koper di hotel Batam karna nanti kita masih mau nginep disini saat mau pulang ke Palembang. Dibawah, masih sepi banget, kita langsung masuk ke restaurant hotelnya. Setelah pilih2 makanan dan duduk di salah satu kursi makan yang view nya menghadap ke front desk dan lift, aku sedikit shock ngeliat ada wanita mabuk berada dipelukan seorang laki-laki bule baru aja check in, dan pas nunggu lift, wanita mabuknya terkekeh menghadapku. I'M ROLLING MY EYES, what a night-life world! Disamping hotel ada Planet Holiday yang kata Helmy tempat ajeb-ajeb OMG.

Kita dikasih tau kalo selain kita, akan ada 1 keluarga yang bakal bareng kita dari Shakata TNT, dan skrg nginep di hotel ini juga. Aku baru sadar, ada remaja yang lumayan rapi siap mau pergi kemana lagi pesen sarapan untuk dianter ke kamarnya. dan aku pun bertanya "dari shakata TNT? yang mau ke singapore malasia?" dan dia jawab "iya" okeeeey, setidaknya orang/keluarganya gak nyebelin yah hihihi

Setelah sarapan, kita semua berangkat jam 5 lewat beberapa menit. Keluarga dari Pekanbaru terdiri dari 4 orang, bapak, ibu, remaja laki-laki, dan remaja perempuan. They're kind to us. Dan aku seneng dialek Pekanbaru nya, khas banget :P Nyampe di Pelabuhan Batam, ternyata parkir pelabuhannya belum buka, mobil kita muter-muter nyari portal yang udah buka ternyata emang belum buka, padahal orang-orang udah banyak yang nunggu tuh di teras pelabuhannya, dan ada juga beberapa mobil yang baru dateng dan ga bisa masuk juga.  Jalan satu-satunya ya nunggu portal dibuka atau, turun diluar dan bawa koper masing-masing. No problem sih, karna aku 1 koper dan 1 tas slempang. Di teras, aku baru tahu kalo yang pada nunggu ini adalah bakal temen-temen tour kita nanti. Semuanya masih terpecah, 2 orang, 4 orang, 6 orang, keluarga, teman, pacar, pasutri yang honeymoon. Selama nunggu pelabuhan dibuka, aku dan pipin kenalan sama keluarga pekanbaru, esp.sama anak remaja perempuannya, Yolanda namanya, she's a nice girl :)

Pelabuhanpun akhirnya dibuka, rombongan masuk, naik kelantai atas, dan kita disuruh isi data di tiket pelabuhan, sama kayak kita ke Singapore kemarin bareng Helmy dan Fandi. Karna kita berdua, dan ada 2 orang lagi yang hanya berdua dan sama2 perempuan, kita jadi saling tanya dan kenalan, tukeran pin bb, dan bisa dibilang kita berempat jadi 1 grup nih :) namanya Fitri dan Ana, mereka sama banget kayak kita orangnya, seumuran, sepikiran dan hampir sama selera, cocok deh :D

Karna baru hari kemarin kita kesini, naik ferry ke Singapore, jadi masih fresh banget ingetan pengalaman kemarin, dan Fitri Ana belum pernah nyeberang ke Singapore, so, we tell them what to do, and what we'll do. Saran-saran dan pertanyaan-pertanyaan saat cap passport di Singapore nanti. Glad I can help :D Naik Ferry duduknya deketan sama Fitri dan Ana, saran dari mereka nih, duduk diatas aja biar ga mabok. Berhubung semalem such a disaster to me, ngikut aja deh saran yang berpengalaman. Duduk di atas ferry ini gak ada jendela, wadduh bisa masuk angin nih #tepok jidad. Tapi, alhamdulillah walaupun angin deres, gak masuk angin + gak mabok laut hihihi :P
Itu ferry yang membawa kita kemarin pas ke USS
45 menit perjalanan, laut laut laut, dan saat nyampe di pelabuhan Singapore, semuanya terlihat exciting. Tapi rombongan besar sempet terpecah dan terpisah, dan tour guide kita, Bapak Wahyudi dari Performa TNT pun M.I.A (Missing in Action) alias menghilang. Jadi rombongan terpecah menjadi beberapa bagian, dan rombongan kita menunggu di depan pintu keluar cap passport. Ada 1 orang yang tersendat saat cap passport dikarenakan tanggal lahir di KTP dan passport berbeda, so, kalo mau bikin passport, jangan sampe ada yang salah/berbeda dengan keterangan di KTP yak, kalo gak mau digiring ke kantor imigrasi dan di interogasi ;)
Ki-Ka: Yola, Aku, Ibunya Yola, Ana, Fitri, dan Pipin @ Singapore Cruise Centre
Setelah mununggu beberapa puluh menit sambil foto-foto, akhirnya semuanya berkumpul, dan bapak Wahyudi pun muncul membawa banyak topi orange untuk dibagikan kepeserta tour. Keluar pelabuhan, kita digiring ke parkiran bus-bus besar. Bus pertama ini bagus, I love it, tapi sayangnya bus ini kita pake sampe perbatasan Singapore-Malaysia aja.
Tour Bus di Singapore

Diperjalanan di kota Singapore sepi sekali, jauh dari kemacetan dan bisa dibilang mobil yang beroperasi itu bisa dihitung pake jari. Lah, kemana semua orang? Kemarin kita ke Singapore tapi hanya sebatas Pelabuhan, Vivo Mall dan Pulau Sentosa itupun pake MRT, jadi pemandangan yang sepi seperti ini memang baru pertama kali liat kota Singapore itu bagaimana. Katanyaa, warga Singapore aktivitas nya di bawah tanah, alias pake kereta bawah tanah, waah asiik ya ga pake macet kayak di Palembang. Pantes negara Singapore bersih banget dari polusi darat dan udara WOW. Selain bersih, gedung-gedung di Singapore unik-unik loh, berasssaaa bener di luar negerinya :P
Gedung Unik di Singapore
Di perbatasan Singapore - Malaysia, sebelum meninggalkan negara Singapore, kita turun dari bus untuk cap passport. Karna katanya perjalanan berikutnya memakan waktu 4 jam, harus ke wc dulu nih buang air kecil. Di Singapore sama kayak di negara barat, ga pake air buat ngebersihin sehabis BAK/BAB. PAKE TISSUE! Ugh.. Untungnya sebelum liburan kita sempet browsing-browsing beberapa tips liburan keluar negeri, salah satu tipsnya, bawa cangkir plastik/cup. Yeaa semua pasti tau buat apa ya, ada air dari washtafel, isi cangkir cup sebelum masuk ke wc ya, jangan lupa loh :D Takut ditinggal, kita bergegas kembali ke bus. Didalem bus, kita dibagiin stiker performa berwarna orange untuk ditempel di baju agar tour guide di malaysia nya nanti mengenali para peserta tour.

Setelah melewati jembatan yang merupakan perbatasan antara 2 negara tersebut, gak lama dari situ kita berhenti lagi di kantor imigrasi untuk cap passport lagi, cap untuk memasuki negara Malaysia. Cap-cap teruuss aseekk :P Dengan membawa semua barang bawaan dikarenakan kita tidak akan menggunakan bus pertama ini lagi, aku dan Pipin bergegas ke bus yang akan membawa kami tour selama di Malaysia, bus kedua, harus pilih spot tempat duduk yang enak nih. Menurut pengalaman kita, kursi bus yang asik itu di sebelah kiri, kenaapaa? karna kalo duduk di sebelah kanan pemandangan yang kita lihat berada di seberang jalan, sedangkan disebelah kiri, kita liat pemandangan right in front of our eyes ;) depan tengah belakang sih tergantung people around, kebetulan kita duduk aga dibelakang deket dengan Fitri dan Ana serta sekelompok orang-orang yang lebih dewasa 4 laki dan 4 perempuan dan mereka gokil abiss! :D
Didalem bus, ada seorang wanita berdiri di depan mulai memperkenalkan diri. Baru sadar kalo dia adalah Tour Guide kita selama di Malaysia. Mawar namanya, humoris orangnya. Dan kita se-bus mulai memanggilnya kak rose kayak di film ipin upin hihihi :P

Perhentian pertama adalah LEGOLAND. It's a theme park di Johor deket dengan Singapore. Tapi kita ga masuk nih, cuma foto-foto didepan aja. Disini cuacanya panas, dan parkir bus ke depan gerbang Legoland nya jauuuh banget jalan kaki, untung jalannya dikasih atap.
@ Legoland Malaysia
Ana, Aku, Pipin, dan Fitri @ Legoland, Johor Malaysia
Tour Bus kita selama di Malaysia
Setelah puas foto-foto, kita kembali ke bus. Udah jam 1an dan perut pun udah mulai keroncongan. Di Legoland tadi ada KFC, tapi takut ditinggal mending makan bareng aja nanti. Setelah berjalan sebentar, bus kita berhenti di pemberhentian istirahat bus. Disini aku sama Pipin pesen mie rebus dan bubur ayam. Mie rebus nya berupa Mie Celor nya Palembang, mirip lah, tapi ga seenak mie celor, ga terlalu enak, bagi aku sih 3 dari 10 nilainya, atau mungkin belum familiar aja dilidah, makanan asing pertama selama di Malaysia nih. Bubur ayamnya markotoopp, sedep banget, saking banyaknya ayamnya kali yah, jadi kita bingung nih, bubur ayam apa ayam bubur wkwkwk =)) Untuk harganya bisa dibilang murah, sekitar 5 ringgit per porsi nya, murah kalo dibandingin dengan makanan di Singapore :P
Mee Rebus Malaysia dan Bubur Ayam
Pingin sholat tapi ngantri panjang banget, aku juga harus bongkar koper mau ambil mukenah dan kopernya ada di bagasi bus #tepokjidad jadi kita ga sholat Ataghfirullah. Menunggu yang lain di bus sambil menikmati snack dan manisan buah yang kita beli. Manisan jambu nya enak banget, jambu airnya besar dan bumbunya khas banget, asem manis gitu, enak pokoknya :D
Manisan jambu di Malaysia
Setelah pemberhentian, kita melanjutkan perjalanan ke pusat negara Malaysia, Kuala Lumpur, perjalanan kesana memerlukan waktu 4 jam. Dan semuanya pada terlelap, hening. Sepanjang perjalanan all I can see is GREEN. Mirip banget kalo kita mau mudik. Semua hutan, atau kebun sawit. Memasuki kota Kuala Lumpur, kejebak macet, macetnya ga terlalu parah, kata kak Mawar, macet ini dikarenakan besok hari kerja (hari ini hari minggu) dan semuanya kembali ke kota. Tujuan berikutnya adalah mall Sungei Wang. Perjalanan ke Sungei Wang nya diguyur hujan deras. Sesampainya di pelataran Sungei Wang, kita diminta untuk berkumpul kembali di bus jam 7 waktu Malaysia. Nah mulai nih nyari-nyari buat oleh-oleh, nyari gantungan kunci, baju kaos bergambar Malaysia, coklat. Gantungan kuncinya aku beli 10 papan, 1 papan isinyaaa, 6 kalo ga salah. Dan sayangnya aku lupa nih harga-harganya berapa, notanya pada hilang ;( Dilantai LG ini ada penjual coklat dari India/Arab orangnya, yang jual laki-laki, nama tokonya Chocolate Shop, sebenernya bukan toko, kayak stand  gitu. Di nota tertera Coklat Alfredo 2x 5.90 RM = 11.80 RM dan Coklat Gulliver seharga 45.00 RM, dan saya lupa coklatnya yang seperti apa, tapi kalo untuk oleh-oleh nih menurut saya, untuk temen kantor itu 1 divisi lebih baik dikasih coklat 1 toples, coklat yang bunder beraneka ragam isinya, ada almond, kismis, dll. Coklatnya enak ketimbang coklat-coklat yang di bungkus kecil-kecil.

Setelah selesai belanja banyak, sekitar jam 18:30 waktu setempat, waktunya nyari makan malem. ketemu Mcd, Aku pesen take-away paket Happy Meal yang gratis mainan karakter dari film The Croods seharga 5.30 RM, murah yaaa, di Palembang 2x lipet harga Happy Meal nya ;( trus aku juga pesen 1 MCoke seharga 2.75 RM, 1 SCoke 2.30 RM dan VDM McEgg Deluxe seharga 3.20 RM, totalnya 14.36 RM atau sekitar Rp. 46.000,- murah yaa.

Melanjutkan perjalanan, bus membawa kami ke daerah China Town, Petaling Street. Maghrib pun tiba, matahari terbenam, sebelum turun dari bus, kak Mawar bilang kalo hati-hati berbelanja di sini, karna kalo kita udah tawar menawar tapi ga jadi beli, orangnya marah, so kita foto-foto aja disini ketimbang nyari masalah :D
@ Petaling Street, Malaysia
Sama Bpk. Wahyudi, Tour Leader Indonesia kita dari Performa TNT
Selesai dari China Town, karna udah gelap dan semua udah kecapean, kita straight menuju hotel di Malaysia. Destini kita di Citrus Hotel Kuala Lumpur. Sesampainya di Hotel Citrus, kita menunggu Bpk.Wahyudi check in untuk lebih kurang 40 orang, yang berarti sekitar 20 kamar WOW, lobi hotel pun penuh dengan kita yang turun dari bus membawa koper masing-masing :D Nama Pipin pun dipanggil untuk menerima Cardlock Hotel (kunci kamar hotel berupa kartu) Kita dikasih tau kalo kamar kita di room 417 lantai 4, Fitri dan Ana di lantai 7, kita naik lift bareng, dan tadaaaa, masuk ke kamar hotel waaahhh ga sabar pingin mandi, pingin tidurr, pingin bongkar koper dan belanjaan. Periksa-periksa semuanya, kamar mandi dan fasilitas lainnya. Kamar mandi nya bersih, acara tv semuanya channel Malaysia punya, sinetron Malaysia wkwkwk, ada safety box juga, dann Pipin teriak "DAAL, itu menara Petronas kaan??!" aku pun berlari ke jendela.
Kamar 417 Hotel Citrus, KL Malaysia
Toilet Hotel Citrus, KL Malaysia
Shower and Bathub Hotel Citrus, KL Malaysia
BENER! Menara kembar terlihat dari jendela kamar hotel kita!!! WAAAA seneng banget rasanya, ini pertama kali liat menara Petronas langsung walaupun gak dari deket :D langsung deh ambil kamera foto-foto, mendahului temen-temen tour yang lain hihihi :D I'm wondering, siapa aja yang kamarnya dapet view Petronas, unfortunately, Fitri dan Ana ga dapet, padahal kan bisa cerita-cerita besok paginya hmm.
View from Room 417 Hotel Citrus, KL Malaysia
Petronas dari Hotel Citrus, Room 417
Oleh-oleh yang dibeli di Mall Sungei Wang, KL Malaysia
Selesai foto-foto aku bergegas mandi biar ga kemaleman. Bongkar koper dan belanjaan, makan yang bisa dimakan sambil nonton tv Malaysia dan ngobrol-ngobrol sama Pipin. Gak kerasa udah tengah malem. Lampu menara Petronas nya dipadamkan tepat jam 12, aku liat sendiri loh :P and time to sleep dengan hati yang seneeeng banget, seneng karna pertama kali tidur diluar negri, far away from home, and I'm in the middle of my greatest holiday EVER wkwkwk :D See you tomorrow (see you at next chapter) ;)