---- Welcome to My Life ----

Friday, August 30, 2013

HOLIDAY!! Singapore-Malaysia Maret 2013 (Part 5)

Selasa, 12 Maret 2013 .. Alarm berbunyi, kami bergegas siap-siap. Bergantian mandi, setelah mandi, semua dimasukin ke koper, jangan sampe ada yang ketinggalan, bisa pingsan kalo udah di rumah inget ada yg ketinggalan di hotel Citrus ini, ga kebayang deh >_< Periksa laci, lemari, WC, bed, dan meja samping tempat tidur, semua udah kosong melompong, sampe sabun2an hotel (karna aku ngumpulin nih) aku bawa juga. Turun untuk sarapan sekalian bawa semua bawaan yang nanti kita titip di lobi, nyerahin cardlock sama tour guide, dan jengjengjeng restoran hotelnya udah rame aja, ini karna semalem pas pulang dari menara Petronas, ada segerombol besar orang-orang India, lelaki, yang mungkin sedang melaksanakan dinas kerja keluar negri/keluar kota mungkin ya dan mereka nginep di hotel ini. Untung dapet tempat duduk, bareng sama Fitri dan Ana lagi di satu meja. Menu sarapan hari ini berbeda dengan yg kemarin. Hari ini ada SOSIS!!! yeaah, like they knew.. I love Sausage so much! Ambiiiil sepiring hihihi ga lupa saos sambelnya yang rasanya asem-asem manis, enak deh :) Aku juga ambil roti cane beberapa helai, lalu kembali ke meja.
Breakfast hari kedua di Hotel Citrus KL
Tau deh kenapa aku ambil sepiring padahal porsi sarapan aku sedikit, buat bekalll hahahaha mayan buat cemilan di bus nanti kalo-kalo laper ditengah jalan. Pipin juga bikin bekal dari makanan restoran, dia bawa roti tawar yang udah di olesin selai strawberry, beberapa helai wkwkwk dan ternyata jadi inspirasi buat Fitri dan Ana yang kemudian ikut bikin bekal juga hihihi :P Setelah sarapan, kita diminta untuk langsung naik ke bus, bergegas untuk mencari spot tempat duduk yang bagus dan nyaman dan dapetnya lagi-lagi dikursi agak belakang, asik deh duduk disitu ;)

Menunggu lumayan lama, karna lagi-lagi ada yang kesiangan, kali ini yang kesiangan adalah TEAM GOKIL hehehehe kayanya cape bener ya jalan-jalan semalem >_< Aku sempet jeprat jepret hotel Citrus tampak dari depan sebelum naik bus. Ngasi tip untuk OB karna udah bantu bawain koper ke bus sebesar 5 RM yang seharusnya ga perlu hohohoho tapi pas dikasi orangnya seneng banget, yasudah kalo begitu :P
Hotel Citrus KL Malaysia
Bye bye hotel Citrus, gatau kapan mau kesini lagi.. Tujuan kita ke Menara Petronas yang selalu batal dari kemarin. Bus berhenti di perempatan jalan dimana kita berfoto-foto semalem. Waaah, kalo pagi Menara Petronas nya silau kena matahari, harus bisa ambil angle yang bagus, kalo ga, ya kayak foto biasa aja entah dimana dan apa maksudnya hahaha, Menara Petronas nya menyatu dengan warna langit-awan. Jadi kita berempat bersyukur bangett semalem udah foto-foto disini dimana Petronasnya bersinar kelap kelip cantik dengan lampu-lampunya, Alhamdulillah :)
Bareng peserta tour latar Petronas, KL
Puas foto-foto disini, kita masuk bus kembali dan melanjutkan perjalanan meninggalkan Kuala Lumpur Malaysia untuk menuju ke negara Singapore. Thathaaa KL, mudah2an nanti bisa kesini lagi yaaa :) Memakan waktu 4 jam dengan dihibur film dari Jackie Chan, semua diam, ada yang tidur, dan ada juga yang menonton. Pipin nonton, aku asik ngeliatin pemandangan diluar bus.
Perjalanan bus dari KL ke Singapore memakan waktu 4 jam, semuanya pun terlelap
Kalo ga salah nih ya, kita sempet berhenti di toko oleh-oleh di Malaysia. Tempat ini lengkap, semua oleh-oleh dari Malaysia ada. Temen aku ada yang nitip Bumbu Tomyam, alhamdulillah ada. Seneng deh kalo orang nitip dan ada barangnya :P alhasil kita dapet 1 kardus beli oleh2 disini ckckck.. Gimana nanti bawanya naik kapal huaaa :((
Tempat rehat perjalanan bus di Malaysia
Sekitar jam 12an, bus mampir di pemberhentian bus untuk makan, sholat, dan istirahat sebentar. Aku kurang tahu ini daerah mana tapi masih di wilayah Malaysia. Makan siang kami Nasi Lemak yang kalo di Indonesia dikenal dengan Nasi Uduk. Aku bingung banget cara beli makan disini, jadi kita berdua ngeliatin dan mengamati para pembeli yang lain dulu. Setelah tau caranya bagaimana, baru deh pesen. Pas ditanya sama penjualnya mau lauk apa, aku takut makanannya juga halal apa ga, jadi aku minta sambel nanas aja. Karna sambelnya seharusnya gratis, ya jadi aku cuma bayar nasi uduk aja hahahaha :D
Our Bus
Selesai makan, aku dan Pipin ngider-ngider di sekitaran parkir bus, mau masuk bus tapi ternyata masih dikunci, jadi kita duduk-duduk disebuah pos, dan ngobrol-ngobrol seru disana, menunggu yang lain selesai makan siang. Lanjuuuut, semuanya udah makan, puas, kenyang, hati gembira, perjalanan dilanjutkan, dan tiduuur pulass.

Setelah beberapa jam, Kak Mawar memberitahukan bahwa bus akan berhenti di Kantor Imigrasi untuk kita cap passport, dan Kak Mawar juga menginfokan bahwa ia akan turun dan tidak akan ikut ke Singapore, karna Tour Guide di Singapore sudah bukan Kak Mawar lagi, yaah :( Masih menggunakan bus yang sama, kita hanya turun membawa tas kecil dan passport aja. Cap passport keluar Malaysia, dan kembali naik bus melanjutkan perjalanan. Kak Mawar ga ikut, jadi kita salam-salaman, dan waving our hands to her saat bus kita mulai berjalan meinggalkannya.. Byebye kak Mawar, makasi udah jadi Tour Guide yang baik, you're the best and the funniest Tour Guide I ever had ;)

Sampailah di perbatasan Singapore, dan kami harus turun lagi untuk cap passport memasuki negara Singapore. Saat sampai di negara Singapore, Tour Guide baru memperkenalkan diri di depan (dalam bus) seorang laki-laki paruh baya, asik juga orangnya, tapi karna para peserta tour masih pada ngantuk, jadi banyak yg masih lesu-lesuan kurang semangat. Bus pun langsung membawa kami ke kawasan Merlion Park. Melewati Suntec City, gedung Marina Bay Sands yang super duper tinggi kembar 3 yang ada kapal diatasnya, aku sempet take a pict the building pas dibawah gedungnya, dan aku sampe tidur-tidur di kursi bus saking tinggi Marina Bay Sands nya *tepokjidad
Marina Bay Sands - dari depan/bawah gedung
Susah banget cari parkir bus, kalo ada spot kosong pun ya ga dibolehin parkir disitu. Ga berapa lama kemudian, bus berhenti juga, dan semuanya pun turun. Cuaca diluar terik banget OMG harus sedia jaket dan pake kaos kaki nih (takut mimisan ya, bukan takut item) hahahaha :P Berjalan sekitar 50 meter, kita berada di spot yang famous banget, si patung singa yang ga abis2 nyemburin air dari mulutnya Mr. Merlion ciyeeh. Langsung deh ambil spot untuk foto-foto. Ya ampuuun, panasnyaa, aku ga tahan lama-lama disini sebenernya, tapi disini anginnya kenceng bangettt, ya kapan lagi kalo ga sekarang, ini juga dikasih waktu cuma 50 menit kalo ga salah.. Selain latar Merlion, juga ada latar Marina Bay Sands, Esplanade (gedung yang berbentuk durian, dua durian) yang adalah gedung pertunjukan yang terbesar, dan Art Science Museum (gedung yang berbentuk bunga lotus).
bareng peserta yang gokil-gokil, Fitri dan Ana latar Merlion, Singapore
Pipin - Pose yang sering dipake saat foto bareng Merlion
Foto latar Marina Bay Sands
Foto latar Art Science Museum, Singapore (gedung berbentuk bunga lotus)
Foto latar Esplanade, Singapore
Sebenernya masih kurang puas main-main dan foto-foto disini, tapi rombongan udah pada ngilang, gatau kemana, apa udah kumpul di bus, apa ngider kemana-mana. Karna kita takut diitinggal, jadi kita bergegas kembali ke bus. Pas lagi jalan, kita nemu patung Baby Marlion wkwkwk imut cute deh, sempetin foto deh. Pas kembali, ternyata bus nya ga ada WHAT?? tapi tenang ga mungkin kita ditinggal begitu aja, jadi kita foto-foto lagii di sektaran pinggir jalan yang gedungnya bagus-bagus bangettt, banyak bule lewat juga hehehe :P
Foto bareng Baby Merlion (di belakang Merlion) Singapore, cute :P
Jalan dari parkir bus ke Patung Merlion, Singapore
Agak lama menunggu, akhirnya Tour Guide nya dateng, dan semua ngikutin ke arah bus diparkir. Semuanya naik. Perjalanan selanjutnya kita ke toko coklat di Jl. Sultan, disini kita beli coklat untuk oleh-oleh, bentuk coklatnya Merlion kecil-kecil, harganya lupa. Dan masih banyak jenis-jenis dan bentuk coklat dijual disini. Setelah selesai beli oleh-oleh, bus kembali berjalan membawa kami ke Bugis Street.. Nahhh pasti semuanya udah pada denger kan pasar yang satu ini, disini tempat jualan oleh-oleh khas Singapore yang rata-rata harganya murah, ga murah banget, tapi ga bikin senep gitu ya hahahaha :P Disini aku beli tas (yang sampe skrg ga dipake-pake) beli oleh-oleh serba merlion juga, selebihnya muter-muter dan cari makan malem di McD hehehe I love McD. Begonya aku ga beli paket HappyMeal, padahal HM nya Singapore sama Indonesia-Malaysia beda mainnanya :/ Kembali ke bus dengan (lagi-lagi) bawa belanjaan. Bisa dibilang duit abis sebagian besar dipake untuk beli oleh-oleh #GUBRAKZZ
Asal bisa bahasa Inggris, kalo mau backpacker-an ke Singapore, ga bakal nyasar kok (katanya..)
Jl. Sultan - disekitar ini ada toko yang jual untuk oleh-oleh berupa coklat dalam berbagai bentuk, contohnya bentuk Merlion
Saat bus baru berjalan, Tour Guide nya menginfokan bahwa kita akan straight ke tujuan akhir Sentosa Island, yaitu Universal Studio. Tapi kita ga masuk, cuma diluarnya aja, foto-foto di globe USS dan sekitarnya. Matahari sudah semakin ke barat, dan saat memasuki Sentosa Island sang mentari pun terbenam, which is malem pun tiba, yang artinya, globe USS nya ternag pake lampu, naaah ini dia yang aku cari, pas pertama kali kesini itu kan siang, aku udah punya fotonya, dan sekarang kena giliran malem owyaaahh, alhamdulillah :) langsung deh foto-foto. Kayak aku bialng, kalo sore itu udah ga terlalu bejubel lagi yang mau foto, pasti ada space kosong di sisinya. Dan kalo kemarin masih malu-malu berfoto disini, sekarang, hari ini, hari terakhir liburan, kita totalitas banget, jadi fotonya dengan berbagai macem gaya.
All out - last day in Singapore
Foto favorit untuk latar/Display Pciture - kenangan yang indah :')
Globe USS dikala malam hari
Gerbang masuk-keluar Universal Studio Singapore
Capeeeee banget, dan sediiih banget pas Pak Wahyudi bilangin kalo kita akan di drop di pelabuhan Singapore huhuhuhu gamau berakhir rasanya T_T Diskusi sama Pipin bagi-bagi barang bawaan, trus kita turun dari bus meninggalkan Pak supir nan baik hati beserta Tour Guide dari Spore nya. Makasi bapak supir bus, Allah yang bales dengan berkah yang luar biasa atas kesabarannya membawa kami tour yaaa aamiin :)

Cap passport untuk keluar negara Singapore, lalu kita menunggu di ruang tunggu keberangkatan. di ruang tunggu sebesar ini, peserta tour tepecah duduknya, ada yang di belakang, depan, kiri kanan, tengah, bercampur aduk dengan calon penumpang kapal ferry lainnya. Kita berempat sama Fitri dan Ana, rencananya kita mau duduk deketan nanti di ferry.

Ferry terakhir pun dateng dan siap-siap akan membawa kita kembali ke Indonesia huaaaa ga pingiiiin banget pulang. Dan keberangkatan pun diumumin, kita ngantri yang panjaaaaang banget. dibelakang kita, ada seorang perempuan seumuran, dan kita bercerita-cerita. Ternyata ni cewe yang rumahnya di Batam, pergi sendirian ke Singapore (Sentosa Island).. OMG berani banget yaak, ya iyalah, kalo aja rumah aku di Batam, asal duit jajan cukup, ya aku pasti nyebrang ke Singapore, skedar buat weekend maybe :P asik yah! :D

BERANGKATTTT !!! Ferry kita mulai berjalan meninggalkan Singapore. Kami berempat duduk diatas ( biar ga mabok). Kita liat juga peserta tour banyak yang duduk di atas sini. Waaahhh rasanya ada kelegaan tersendiri juga bisa duduk tiduran. Bener-bener hari yang panjang dan melelahkan, dan ada juga rasa ga sabar pingin cepet sampe di Batam, di hotelnya biar bisa tidur pulesss.

Beberapa lama kemudian, mulai terdengar bunyi2 ringtone dari HP dan BB, it means ferry udah masuk di wilayah Indonesia. Buru-buru idupin BB juga, ngabarin orang rumah kalo udah sampe di Indonesia ciyeeeehhh gayaa wkwkwkw :P Ferry merapat dan penumpang pun ngantri untuk turun. Kalo mau ambil barang, langsung ambil saat kita turun ga apa-apa, tapi kalo mau pake Porter, disini bayarnya lumayan. Tapi sebanding sih kalo kita emang bener-bener cape. Ga sempet pamitan sama yang lain, cuma sama Fitri dan Ana aja. Helmy menyambut kita di luar, wiii udah lama bener rasanya ga liat Helmy loh. Helmy ditemenin sama anak cowo 1 lagi, rekan kerjanya. Dan kita pun masuk mobil bareng keluarga dari Riau menuju Hotel Grand Park Batam.

Nyampe di hotel, kami check in kembali, ditawarin mau yang 1 bed apa yang twin bed, kita pilih twin bed di kamar yang sama dengan sebelumnya. Ga lupa juga ambil koper titipan kemarin. Pas masuk kamar, AAAAAAA langsung deh terjun ke tempat tidur, capenyaa, jam udah nunjukin hampir tengah malem. Dikarenakan sesuatu dan lain hal, saat ini aku sedang beteeee banget, bete sama Pipin juga, sama-sama kesel sebenernya, jadi rada-rada ga teguran wkwkwkw gitu deh kalo udah beda pendapat dan beda kemauan, sedieman sampe ada yang tobat duluan mau negur hahahaha :P sebelas duabelas lah kalo aku berantem sama the sisters dirumah hihihi :D
Makan (tengah) malem @ Hotel Grand Park, Batam
Mie ini bikin kangen, Mie Rebus ala Grand Park Hotel, Batam
Apa aku bilang, ujung-ujungnya ga tahan juga mau negur, ini karna cacing perut udah bertingkah, jadi kompakan lagi pesen mie rebus sama kayak yang kita pesen pas pulang dari USS. Sedapnyeee, btw, kita ini kalo ga salah pesen makannya jam 1an pagi loh OMG.. Udah kenyang, semangat 45, mata mendadak 100 watt, bongkar deh koper dan oleh-oleh. Oleh-oleh yang kita beli kita tebarin di atas 1 bed, dan alhasil bed nya full, saking banyaknya ya wew.. Pokoknya dijamin kebagian emua deh oleh-oleh nyaa ;) Belum selesai beres-beres, aku nya mendadak ngantuk, kebetulan pesawat besok sore, jadi masih ada kesempatan buat packing lagi besok pagi. hoaaammmzz hari yang panjang dan melelahkan, bahwa hari ini aku berada di 3 negara berbeda, Malaysia, Singapore, dan Indonesia ku tercinta hihihi :D bubu dulu yaah, besok kita ketemu lagi di Part 6 Nite-nite ZZZZzzzzZZZZ.