---- Welcome to My Life ----

Monday, August 15, 2016

Makanan-Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

Haayy para pembaca yang baik hatinya, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat walafiat semuanya yaa :) Sudah hampir setahun nih tidak berkunjung ke blog saya, kalo rumah ini pasti sudah berdebu yah *tiup-tiup-sampe-klilipan hihihi.. Kali ini saya akan membahas tentang referensi makanan-makanan khas dari kota kebanggan tempat saya lahir dan dibesarkan yaitu PALEMBANG tercintah #ketjup

Sudah pernah ke Palembang guys?? Kalo sudah berarti tau dong ya makanan yang paling legendnya itu apa hihihi.. Kalo belum, mari kita berkenalan dan membahas lebih lanjut satu-persatu makanan khas Palembang yang wajib kamu coba bila kamu berkunjung ke kota yang terkenal dengan icon Jembatan Ampera ini. Are you readyyy? Yiuuk..

1. Pempek Palembang
Orang Indonesia mana siiih yang tidak kenal dengan pempek.. Huayooo? Pasti semuanya tahu kan.. Terbukti, karna tiap kali aku dapet kenalan dari luar kota Palembang, pasti dikomentarin waah orang palembang, jadi pingin empek empek hehehe :P Yup, orang luar Palembang biasanya menyebutnya empek empek, padahal yang sangat betul adalah PEMPEK sodara-sodara ;)

Pempek adalah makanan khas Palembang dari zaman dahulu kala ciyeeeh.. Kalo bahasa kampung halaman saya itu adalah FISHCAKE huehehehe :)) Terbuat dari sagu dan ikan yang dihaluskan, bisa juga ditambah dengan telur, garam, penyedap rasa, dll. Pempek ada banyak macamnya, yang paling terkenal adalah Pempek Kapal Selam dan Pempek Lenjer. Selain itu ada pempek kecil-kecil, berupa pempek keriting, pempek telur, pempek kates (isi pepaya), pempek kulit, pempek adaan, dan pempek tahu.
Pempek adalah makanan khas dari kota Palembang yang terkenal di seluruh dunia, betul?
Pempek keriting adalah jenis pempek favorit saya nih, kalo kamu? :D
Pempek Kates/Pempek Pistel, kates adalah bahasa palembang yang artinya pepaya, pempek satu ini diisi dengan parutan pepaya muda + campuran ebi.
Pempek Adaan, Pempek yang paling kecil ukurannya, if you lucky, kamu bakal dapet pempek adaan yang yummy nan sedap, namun setiap toko-toko pempek punya citarasa yang berbeda-beda, tergantung selera masing-masing juga ;)
Pempek Tahu, Pempek yang diisi atau dipadu dengan tahu, biasanya pempek tahu lebih terasa ikannya, kalo kata orang palembang mah TERASO IWAKNYO! wkwkwk :))
Pempek Kulit, pempek bulat agak pipih berwarna kecoklatan ini terbuat dari kulit ikan yang dihaluskan, dicampur sagu, lalu digoreng, lebih enak lagi bila disantap dengan diisi sambal merah pedas yang tersedia di toko-toko pempek tertentu.
Pempek Kulit Crispy, pempek kulit yang kini sudah dikreasikan alias pempek kekinian hehehe :P pempek ini gariiing banget, kalo di warung rumahan, pempek kulit crispy sepiring begitu harganya hanya IDR 10k saja pemirsa :)
Pempek kulit belah isi sambal cengek, pempek kulit yang dimakan tanpa cuko, ini enak banget, setahu saya yang jual ini di Palembang hanya 1 yaitu di toko API yang letaknya di Jl. DI. Panjaitan (depan kantor Lurah Plaju)
Pempek Panggang, pempek yang dipanggang lalu dibelah dan diisi dengan campuran ebi, cabe, dan kecap manis. Saya suka pempek panggang yang lembut dan sedikit kenyal, kalo yang keras suka bikin hilang selera makan mendadak hihihi 😋
Pempek biasanya disajikan dengan saus pedas berwarna kehitam-hitaman yang disebut Cuko. Cuko itu rasanya pedas. Komposisi cuko terdiri dari air yang dimasak dengan campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, dan garam. Cuko lebih enak bila diberi irisan timun segar. Tapi kalo saya perhatiin, orang luar Palembang khususnya orang Jawa lebih suka menyantap pempek dengan Cuko yang manis ketimbang yang pedas.
Pempek Sosis, pempek lenjer yang juga sudah dikreasikan. Pempek lenjer adalah pempek berukuran panjang dan bulat. Cara penyajiannya dengan dipotong-potong lalu digoreng. Tapii kalo saya lebih suka ga digoreng, lebih teraso iwaknyo hihihi :P
Khusus untuk pempek kapal selam, cara makannya beda, kalo biasanya makan pempek kecil dicelup-celup sedikit ke cuko lalu dimakan, pempek kapal selam disiram cuko, dan dimakan dengan cara dipotong dengan sendok dan garpu. Cukonya pun ada additional biasanya, ada irisan timun, ebi dan soun, dijamin enaakk :D Oiya mau kasih informasi sedikit nih.. Kenapa dinamakan Pempek Kapal Selam? Menurut pengetahuan saya nih, karna pas dimasak atau baru dicelupin ke air mendidih, pempek kapal selamnya tenggelam, lalu timbul sendiri ke permukaan jika sudah matang yang menyerupai kapal selam hehehe kira-kira begitulah ceritanya pemirsa, the end ;)
The Legend, Pempek Kapal Selam, Pempek isi telur berukuran besar ini sedapp bangett, ngangenin, wuidiih liat gambarnya aja jadi pingin bangett kaan hihihi :P
Pempek cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluar kota Palembang. Wah kalo ke Palembang mah jangan bingung-bingung deh mau makan pempek dimana, karna tempat-tempat makan pempek bejibun ampun. Di pinggir jalan banyak, masuk gang apalagi, bahkan ada juga penjual pempek keliling dengan motor, sepeda bahkan berjalan kaki. Tempat makan pempek terkenal dengan merknya dan dijamin enak yaitu Pempek Candy, Pempek Pak Raden, Pempek Nony 168, Pempek Vico, Pempek Flamboyant, Pempek Beringin, dan masiih banyak lagi. Disana kamu bisa langsung pesan dan packing untuk buah tangan kembali ke kota anda, asik asik :D

Jangan takut basi, karna semua resto pempek di Palembang sudah paham betul cara packing pempek yang baik dan aman. Tinggal bilang aja kita punya berapa hari untuk sampai ke tujuan. Biasanya dijual dengan paket-paket tertentu yang banyak pilihannya, ada kotak yang kecil, sedang, dan besar. Juga hanya pempek-pempek tertentu juga yang bisa dipesan. Untuk kamu yang tinggal diluar Palembang tetiba kepingin pempek atau kangen sama pempek, kamu bisa juga minta tolong kirimin pempek nih sama saudara atau kerabat di Palembang. Caranya gampang, karna beberapa resto pempek sudah bekerja sama langsung dengan perusahaan pengiriman semacam Tiki atau JNE, praktis deh pokonya ;)

Berikut peta lokasi beberapa resto pempek terkenal yang ada di Palembang:
1. Pempek Sentosa
2. Pempek Flamboyant
3. Pempek Vico
4. Pempek Nony 168
5. Pempek Candy
6. Pempek Beringin
7. Pempek Pak Raden

2.Tekwan dan Model
Sebenarnya, makanan khas Palembang kebanyakan berbahan dasar pempek. Misalnya, laksan, model, tekwan, lenggang, dan celimpungan. Hanya saja kuahnya berbeda-beda. Seperti halnya Tekwan dan Model. Kuah tekwan dan model itu sama saja, bedanya, tekwan dibuat dari adonan pempek yang dicubit-cubit langsung diceburkan kedalam air mendidih sehingga hasilnya seperti ini nih..
Pentol Tekwan yang baru masak, kemudian penyajiannya seperti foto dibawah ini
Tekwan, salah satu makanan khas Palembang yang terbuat dari adonan pempek dengan kuah sup kaldu udang dan bumbu-bumbu yang pokoknya bikin sedappp.
Penampakan penyajian Tekwan pada umumnya, bebas mau ditambahin kecap manis, cuko, sambal, dll. Kalo saya biasanya makan tekwan kuahnya polos begini.
Sedangkan Model, adalah adonan pempek yang berisi tahu putih berukuran sebesar bola tenis, disajikan dengan dipotong-potong. Ada juga model gandum yang terbuat dari tepung roti, jadi modelnya seperti roti, tanpa ada rasa ikannya sama sekali.
Model, mirip kan sama Tekwan? Di setiap sudut kota Palembang, pasti ada yang jual ini, biasanya dijual di gerobak-gerobak keliling.
Saya juga heran kenapa namanya model yah.. Banyak yang bilang orang Palembang mah serem-serem.. Masa model dimakan, bahkan kapal selam dilahap buahahahaha 😂

3. Mie Celor
Jujur aja nih, saya baru mengenal yang namanya Mie Celor saat udah berumur 20 tahunan. Looh? Selama ini kemanaaah hahaha :)) Pas pertama kali makan ini, rasanya aneh dilidah. Tapii biasanya yang pertama kali aneh begini pas makan kedua ketiga dan seterusnya akan lebih enak dan akan jadi favoriiit, ternyata betul sekali pemirsah :) Mie Celor adalah makanan yang ngangenin. Jika saya sudah menyebut makanan yang ngangenin, it means makanan tsb adalah makanan favorit saya yeaayy :D
Mie Celor, kuahnya itu sedaaap banget bikin #mouthwatering
Mie Celor yang paling terkenal enaknya berada di kawasan 26 ilir, tapi sekarang sepertinya buka cabang atau memang sudah pindah ke Jl. Merdeka, namanya Mie Celor 26 Ilir H.M. Syafei
Mie Celor, makanan khas Palembang yang super yummy dan ngangenin :*
Mie celor adalah mie yang berukuran besar seperti udonnya jepang, disertai dengan kuah santan kental kaldu udang, dicampur tauge, irisan telur rebus dan bawang goreng wuuahhh bikin mouthwatering ngejelasinnya aja hahahaha =)) It is sooo yummy, kalo kamu hobi kulineran, kamu pasti suka deh ;)

Lokasi Mie Celor H. Syafei - 26 Ilir

4. Martabak HAR
Makanan satu ini kabarnya dikangenin sama orang-orang Palembang yang hijrah ke kota lain. Konon saat liburan panjang, kedai martabak HAR pasti dupenuhi dengan pengunjung dari luar Palembang. Martabak HAR merupakan singkatan dari Martabak Haji Abdul Rozak, sang penemu makanan, beliau merupakan seorang warga Palembang keturunan India. Martabak sendiri adalah bahasa Arab yang artinya terlipat.
Martabak HAR, makanan ini selalu ngangenin khususnya untuk warga Palembang yang tinggal diluar kota
Martabak HAR telur ayam, tersedia juga martabak telur bebek dan martabak sayur
Martabak HAR, kalo dilihat dari fotonya, seems yummy beeutt ya! hihihi 😋 Tapi emang terbukti loh, perpaduan antara martabak yang berisi telur ayam/bebek dengan kuah kari kentang bercampur daging sapi itu rasanya tiada tara. Boleh nambah kuahnya loh. Outlet HAR ada banyak, tapi yang beneran HAR ya. Pun banyak juga yang menjual martabak serupa. Karna nama HAR sudah melekat dengan kata martabak, so kalo ada yg jual martabak meski bukan cabang resmi, pasti orang-orang pada bilang martabak HAR hahaha :)) FYI, kedai martabak HAR asli atau pusatnya berada di seberang Masjid Agung Palembang.

 Lokasi Martabak Har cabang pusat

5. Rujak Mie
Kalo di Jawa ada rujak cingur, di Palembang ada yang namanya Rujak Mie. Namanya rujak pasti banyak campurannya kan ya.. Isi dari Rujak Mie antara lain mie basah kuning, soun, potongan tahu goreng, dan potongan pempek, ditaburi tauge, irisan timun dan ebi lalu disiram dengan cuko. Waah ini juga ga kalah sedap looo hihihi :) Karna makan ini wajib disajikan dengan cuko, soo pasti rasanya pedas. Try yes ;)
Rujak Mie rasanya pedas karena wajib dimakan dengan disiram cuko, ini sedapp 😉
Rujak Mie khas Palembang
Rujak mie mudah banget cara bikinnya, campurannya mudah. Aku sering bikin nih dirumah kalo lagi tetiba kepingin. Pempeknya bisa diganti dengan bakwan gandum biasa. Kalo sudah makan sepiring, pingin nambah dan nambah lagii hihihi ;)

6. Celimpungan
Celimpungan terdiri dari adonan pempek yang dibentuk bulat acak, biasanya sebesar bola pingpong. Kuahnya berupa kuah santan berwarna kuning, rasanya khas sekali. Biasanya kalo dikeluarga saya, makan celimpungan itu di bulan Ramadhan sebagai ta'jil. Namun celimpungan juga dijual ditoko atau warung- warung tertentu sebagai menu sarapan setiap hari.
Celimpungan, salah satu makanan khas Palembang yang ngangenin, biasanya banyak dijual saat bulan ramadhan sebagai hidangan takjil buka puasa
Celimpungan, hanya ada di Palembang 😊
Celimpungan adalah makanan spesial bagi saya dikala bulan Ramadhan. Karna di hari-hari biasa, jarang sekali yang jual. Bila sudah memasuki bulan puasa, penjual celimpungan semakin banyak dan mudah sekali mencarinya. Bahkan di hotel-hotel pun menyajikan celimpungan sebagai salah satu menu ta'jil buka puasa. Tapi juga harus untung-untungan, terkadang kuahnya enak namun rasa ikan di pempeknya kurang terasa. Lebih untung jika ketemu yang kuahnya sedap dan iwaknyo teraso waah dijamin ketagihan deh ;)

7. Laksan
Makanan khas Palembang lain yang terbuat dari adonan pempek. Hampir sama dengan celimpungan, tapi bentuk laksan biasanya pipih/tebal memanjang dengan kuah santan berwarna oranye sedikit pedas namun gak kalah sedap dengan celimpungan. Harganya tergolong murah, isi 3 laksan biasanya dihargai Rp.5.000,- saja, atau tergantung penjual dan bahan pembuatannya ya.
Laksam, makanan khas Palembang satu ini paling sangat digemari saat bulan Ramadhan

8. Lakso
Lakso, pake huruf O ya belakangnya hehehe, karna kalo laksa, sudah beda lagi bentuknya, memang hampir sama sih, tapi bukan Palembang punya. Makanan satu ini adalah makanan favoriiiiiit saya, bangeet 😋 terbuat dari adonan tepung beras yang dicetak seperti mie, dimakan dengan kuah santan berwarna kuning. Wiiih bikin mouthwatering ngingetnya aja nih hahahaha 😂 Kadang saking pinginnya, saya bisa nyari lakso sampe browsing di internet loh 😊
Lakso bukan Laksa, makanan khas Palembang favorit saya, biasanya dijual untuk sarapan, namun yang menjual lakso di Palembang sangat lanka sekali
Lakso Palembang, selalu ngangenin 😘
9. Burgo
Burgo adalah makanan khas Palembang lain, terbuat dari adonan tepung beras yang digulung dan di iris-iris. Kuah burgo berupa kuah santan putih yang lezat. Makanan satu ini juga sama seperti celimpungan dan laksann, dijual saat sarapan atau di bulan ramadhan sebagai menu takjil utnuk buka puasa. Saat masih kecil, ibuku sering bikin ini nih, sedaaap 😍
Burgo, Palembang - Indonesia punya 😋

10. Maksuba
Kue basah khas Palembang satu ini paling digemari warga Palembang terutama saat Lebaran. The taste is so sweet. Terbuat dari telur, susu kental, mentega, gula lalu dimasak secara berlapis. Saya pernah bikin ini nih, masak kue maksuba membutuhkan waktu 4 jam. Cara buatnya bisa dibilang mudah tetapi harus tekun. Kalo bikin sendiri juga sesuka kita, mau manis banget atau dikurangi, mau pake rum atau engga, dan pinggirannya mau sedikit gosong yang garing atau lembut yang yummy.
Kue Maksuba buatan saya nih, makanan khas Palembang yang rasanya manis ini biasanya disajikan saat lebaran. 
Maksuba, kue basah khas dari Palembang
Saat kecil, saya selalu minta buatin ini sama Ibu saat Idul fitri dan hasilnya sedikit gosong jadinya garing, saya sukkaaa bangett. Dan saya sekeluarga dulu menyebut kue ini "Bolu Susu" hehehe :P Walaupun kue ini adalah kue spesial saat lebaran, namun kue maksuba juga terkadang dijual di toko-toko pempek, pasar, atau baker-bakery tertentu.

11. Srikayo
Makanan manis lain dari Palembang adalah Srikayo! Lagi-lagi pake huruf O ya hahahaha 😂 karna kalo srikaya itu adalah nama buah sodara-sodaraa hihihi 😋 Srikayo adalah makanan yang terbuat dari santan, air, gula, telur, daun pandan biasanya diwarnai dengan pewarna makanan hijau.
Srikayo biasanya dipadu dengan ketan putih, lebih enak dan cocok dengan rasa manisnya. Makanan satu ini kebanyakan dijual di resto-resto pempek besar, dan atau banyak dijual dan dihidangkan saat bulan Ramadhan sebagai salah satu menu takjil buka puasa karna rasanya manis, dan harum pandan.

12. Lempok Durian
Lempok Durian hampir sama dengan dodol. Bedanya, lempok dibikin tanpa campuran beras ketan. Lempok durian terbuat dari 100% daging durian dan diberi sedikit gula sebagai bahan pengawet alami. Harga lempok biasanya lumayan tinggi.
Lempok Durian, salah satu oleh-oleh khas Palembang yang dijual di toko-toko pempek setempat.
Lempok durian biasanya bertahan kurang lebih 5 bulan bila disimpan di kulkas, dan hanya bertahan 1 bulan bila tidak disimpan di kulkas.

13. Pindang Palembang
Masakan pindang adalah lauk berkuah asam pedas untuk dimakan bersama nasi putih. Pindang banyak jenisnya, ada pindang ikan (kebanyakan pindang ikan patin, ada juga pindang ikan sepat, pindang ikan gabus, dll), pindang tulang, pindang daging, pindang ayam, pindang kerang, pindang udang, pindang sale, dan pindang telur ikan. Rasanya mirip sekali sama Tom Yum tapi pindang lebih spicy dan rasanya lebih berbumbu rempah-rempah, duilee :P
Pindang Ikan Patin
Pindang Telur Ikan Gabus, hanya tersedia di rumah makan pindang tertentu
Pindang Kerang khas Palembang, walaupun agak ribet makannya, tapi saya suka ini so much! :D
Pindang Kerang, homemade.

Bila kita makan di rumah makan khusus pindang, penyajiannya serupa dengan RM Padang, yaitu disajikan dengan banyak menu-menu pendamping lainnya, seperti ikan seluang (adalah ikan khas dari Palembang berukuran kecil panjang yang digoreng garing), sambal mangga, sambal tempoyak, sambal kerang, lalapan (daun kemangi, timun, terong, labu siam, dll), sambal terong, pepes ikan, dll. Juga disajikan 1 bakul nasi, jadi bebas mau makan sebanyak apa waaaah..
Sambal Tempoyak, terbuat dari tempoyak yang ditumis dengan cabe giling dan bumbu-bumbu hanya ibu-ibu dan Tuhan yang tahu hihihi :)) yang pasti sambal tempoyak ini sedap bangettt bila disantap dengan nasi dan masakan ikan apapun, tapi bagi yang suka durian ya. Apa itu tempoyak? Naah hahaha hampir lupa ngejelasinnya. Tempoyak terbuat dari daging durian yang difermentasikan selama 3-5 hari, i love it! ;)
Ikan Seluang, hanya ada di kota Palembang
Sambal Cengkokak Udang, masakan pendamping yang disajikan dengan menu pindang
Rumah makan pindang yang terkenal di Palembang lumayan banyak, antara lain RM. Sri Melayu, RM. Pondok Kelapo, RM. Pindang Musi Rawas, RM. Musi Prabu Indah, dll. Kebanyakan rumah makan pindang biasanya ada pondok-pondok semacam gazebo. Untuk kamu yang lagi bokek atau kantong lagi pas-pasan kepingin masakan pindang, coba makan di RM Pindang Musi Prabu Indah, harganya lumayan bersahabat. Tapi kalo kamu lagi ada acara, mau ketemu kolega or client, atau ada perayaan semacam ultah/aniversary yang elite an dikit, coba deh makan di RM. Sri Melayu atau RM. Pondok Kelapo, tempatnya lumayan nyaman. Masakan pindang juga biasanya tersedia di resto-resto pempek tertentu.

Adapun beberapa tempat rekomendasi untuk menyantap santapan aneka pindang:
1. RM. Sri Melayu
2. RM. Pondok Kelapo
3. RM. Pindang Musi Prabu
4. RM. Pindang Musi Rawas
5. Pondok Pindang Meranjat Ibu Tuty
6. RM. Wong Palembang 

14.Brengkes Ikan
Brengkes ikan merupakan salah satu makanan khas Palembang dimana 1 ekor ikan beserta bumbu seperti tempoyak dan bumbu lainnya dibungkus daun pisang lalu dikukus. Ini sedap bangettt apalagi dimakan sama nasi dan pake tangan wuiiih, rasanya asamnya yang khas saya sukkaa banget! Hati-hatidengan penyebutan namanya ya hahahaha 😂
Brengkes Ikan, makanan khas Palembangdengan rasa dan aromanya yang khas

15. Malbi
Setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas pendamping ketupat saat lebaran, Palembang punya malbi, and I love it so much! Malbi hampir sama dengan rendang, hanya saja rendang itu rasanya pedas sedangkan malbi rasanya manis, tapi enggak manis banget ya. Di keluargaku wajib ada masakan ini nih kalo lebaran. Malbi juga bisa dijumpai saat hari jumat dimana orang-orang Arab di Palembang menjual nasi minyak yang salah satu pilihan lauknya adalah malbi.
Malbi, masakan khas Palembang yang terbuat dari irisan daging sapi, hampir sama dengan rendang namun yang membedakannya adalah rasa khas malbi yang manis
Nah, kira-kira begini penampakan meja makan keluargaku saat lebaran, ada malbi, rendang, dan sambal buncis 😍

16. Buah Durian
Duren!!! Wah, kebanyakan orang Indonesia sukaa sama buah ini kan ya? Di Palembang, ada spot-spot tertentu untuk makan buah ini walaupun gak sedang musim durian. Yang saya tahu nih, spot-spotnya berada di Mayor Ruslan dekat kampus IBA Palembang yang namanya Markaz Duren, tapi ini durian Medan punya hehehe, lalu ada di simpang 4 rusun dekat PIM, dan 1 lagi ada di kawasan Pasar Kuto. hmm.. Dimana lagi ya?
Kalo ke Palembang jangan lupa mampir makan durian ya, unlimited alias ga perlu nunggu musim duren hehehe :P
Pengalaman makan durian saya pertama kali di pasar kuto nih. Penjualnya berderet tinggal pilih mana yang punya tempat nyaman. Kita duduk, dan durian pun datang, bisa pilih sendiri loh. Makan duren rame-rame lebih asik, tapi saya prefer durian untuk saya jangan diganggu ya, karna saya kurang suka terlalu banyak tangan khusus untuk makan durian hehehe *peace

Saya selalu heran dengan bule yang terkesan jijik sama buah durian, kata mereka durian itu bau kaki. Loh? Jadi bau kaki mereka bau durian gitu? Wangi amaaaatt cyyyn WKWKWK ngakak sampe guling-guling. Bener-bener ga bisa ngebayangin kalo saya ke amrik trus ketemu bule yang bau kakinya, lalu saya bingung dan bertanya-tanya, dimana gerangan abang penjual durian ituh wakakakak :)) *kiddinglo :P

Lokasi Pasar Duren Kuto

No comments: