---- Welcome to My Life ----

Saturday, September 26, 2015

DALI GOES TO BALI 2015 Part 9

CLOSING (Tips & Informasi)

Liburan selesai, PR blogging juga selesaii, Alhamdulillaah! \(^0^)/ Semoga menjadi memori indah yang tak terlupakan dan tak lekang oleh waktu hehehe :) semoga blog ini menjadi informasi, inspirasi dan bermanfaat untuk semua para pembaca.

1. Tips Penentuan Tanggal Liburan
Meskipun banyak kendala saat liburan ini direncanakan, tapi karna niat dan doa, maka liburan ini pun terealisasi walaupun tanggalnya agak memaksa. Aku gak mau liburan di bulan yang ber-ber an kayak misalnya september, oktober, november, desember. Kenapa? Karna di bulan ber-ber an itu biasanya musim hujan. Karna kita memang rencana awal mau sewa motor, kan sayang kalo itinerary nya kacau hanya karna faktor cuaca yang gak bisa diduga. Sempat cemas juga saat memasuki bulan September tepatnya tanggal 1, subuh-subuh turun hujan deras sampe matahari terbit, tapi Alhamdulillah sekali itu aja sampe pulang ke Palembang, gak ganggu jadwal liburan.

Jadii baiknya kalo mau liburan ke Bali sewa motor, pemilihan waktu liburan kalo bisa saat musim panas aja, hindari bulan- ber-ber an karna musim tersebut rentan hujan. Di Bali juga gak terlalu panas-panas banget kok :) apalagi sudah mendekati daerah pantai, kita pasti tahu kalo kita mendekati daerah pantai karna anginnya pasti sejuk sedingin angin ac walaupun di cuaca yang panas hihihi :D

2. Cara Pembuatan Itinerary
Jujur aja pembuatan itinerary sempat membingungkan kita. Belum pernah bikin itinerary liburan sebelumnya. Menurut pengalaman aku, pembuatan itinerary diawali dengan browsing sebanyak-banyaknya tempat-tempat menarik dan wajib dikunjungi (di Bali). Setelah dapat list nama-nama tempat, pilihlah tempat yang menurut kita menarik dan apa yang kita cari. Kalo gak tahu sama sekali tempat-tempatnya, ada baiknya mendatangi satu-persatu website tempat wisatanya plus googling bahasan di blog-blog orang apakah tempat tersebut recommended atau mengecewakan.
Itinerary dibuat dengan diadakannya "meeting" bertempat di Dunkin' Donuts Demang, WiFi gratis, bisa browsing beberapa gadget sekaligus, ada sih modem, tapi kita memang butuh tempat yang nyaman aja untuk browsing-browsing.
Usahakan 1 hari mendatangi tempat wisata yang searah. Contohnya bila menginap di sekitaran Kuta-Legian, hari ini ingin ke Bali Safari and Marine Park yang ada di Gianyar, kebun binatang ini searah/sewilayah dengan Pabrik Pie Susu Dhian, Bali Bird Park, Pasar Seni Sukawati, Pantai Sanur, dan pantai-pantai lainnya yang dilewati. Namun ada tempat walaupun searah, tapi waktunya bisa saja bersamaan, jadi gak bisa dilakukan dalam 1 hari, kayak misalnya hari ini jadwal ke GWK dan Uluwatu untuk nonton Tari Kecak saat sunset, dimana searah dengan dinner di Jimbaran juga saat sunset, kecuali makan malam di Jimbarannya malam hari tanpa sunset, bisa saja dilakukan dalam 1 hari. Kelompokkan tempat-tempat wisata yang dekat/searah, masukkan dalam jadwal 1 hari itinerary sampai sehari sebelum kepulangan, karna hari pulang (harusnya) gak bisa diganggu lagi, kecuali pesawat berangkat malam hari, dimana pagi dan siangnya bisa kemana-mana dulu hehehe :D Jangan lupa juga langsung membagi waktu dan jam-jamnya.
Itinerary Liburan Bali 2015 yang kita bikin, walaupun banyak berubah-ubah pada kenyataannya, tapi kalo gak ada itinerary ini, liburan bisa berantakan loh.

3. Penggunaan Google Map dan GPS
Bila kita masih bingung tempat-tempat wisata berada dimana saja, dalam pembuatan itinerary bukalah google map untuk memudahkan kita mengelompokkan tempat wisata yang dekat dan searah. Disini juga kita bisa langsung mendatangi website tempat yang kita ingin ketahui, biasanya juga ada foto tempat wisatanya, jam operasional, alamat lengkap serta nomor telepon. Rajin membuka google map saat pembuatan itinerary juga penting untuk menghafal dan membiasakan kita membaca peta saat benar-benar di lapangan (ciyeeeh lapangan hahaha) maksudnya saat liburannya, jadi kita gak kaku, bingung dan gugup sewaktu dijalan.
Google Map di Mobile Phone (HP) 90% akurat, gak akan menyesatkan, kecuali kalo ada perubahan, seperti yang tadinya seharusnya jalan tembusan, tiba-tiba dibangun rumah, ketemulah jalan buntu hahaha :)) Tapi tenang Banyak Jalan Menuju Roma, kalo mentok sama jalan buntu, muter aja, orang pasti maklum kok, paling disenyumin atawa diketawain dikit, bahkan terkadang digonggongi anjing juga wkwkwk :)) Jangan meremehkan jalan kecil dan sempit, di Bali, banyak jalan sempit sebagai jalan tembusan, bila ada belokan terdekat tapi di peta jalannya kecil dan sempit, masukin aja, kalo buntu kan bisa muter hehehe ;)
Panah-panah menunjukkan jalan 1 arah, jadi dilarang masuk atau cari alternatif jalan lain.
Ada baiknya meng-update Google Map sebelum liburan agar loadingnya cepat dan bisa lebih detail. Untuk memakai aplikasi Peta (map) ini. GPS di HP harus aktif (kalo di HP aku sih namanya Location), koneksi internet harus ada. Setelah GPS aktif, buka aplikasi google map, dan otomatis peta akan menunjuk pada titik biru dimana kita berada. Cari dan ketiklah nama tempat yang akan kita tuju di kolom atas, enter, peta akan otomatis menunjukkan titik merah disertai jarak dan waktu yang harus ditempuh. Perbesar skala peta untuk melihat jalan-jalan tikus yang mungkin bisa dilalui atau bahkan tempat-tempat yang bila diperbesar baru bisa terlihat. Saat kita mulai berjalan, titik biru pun ikut berjalan kemana kita bergerak. Kalo jalannya masih jauh dan lurus, ada baiknya tutup aplikasi dan matikan GPS, simpan dulu HPnya dalam tas, setelah agak lama baru buka kembali untuk menghemat baterai dan cari aman hehehe :D Gak sedikit orang-orang bermotor memegang android/tab sebagai peta> Bahkan banyak juga bule-bule melakukan hal yang sama, you're not alone hiiii ;) dan menurut pengalaman kita sih Bali aman gak ada copet, tapi tetep harus waspada aja.

Sesampainya di tujuan, jangan lupa untuk mematikan GPS/Location, batre HP bisa boros dimakannya. Karna kita harus buka google map lagi untuk pulang kehotel/tujuan lain. Kan gak lucu kalo pulangnya nyasar wkwkwk :)) Ada baiknya juga bawalah Power Bank yang telah di charge full untuk berjaga-jaga, selain itu juga pulsa harus siap banyak kalo-kalo kuota internet habis dijalan hihihi :P

4. Pemilihan Hotel dan Maskapai Penerbangan
Aku sukaaa sekali memantau harga tiket pesawat di Traveloka, walaupun gak ada rencana berpergian. Nah apalagi mau liburan ke Bali beginii hihihi :P Katanya sih, kalo pencarian kita di buka setiap hari, harga pesawatnya jadi semakin naik. Trus saran yang aku baca, sebelum atau setelah masuk ke situsnya, harus di clear history dulu, katanyaaa sih begitu. Memang benar adanya, harga tiket pesawat fluktuatif bangett, kadang naik tinggii yang bikin deg-deg-an (bakal naik lagi ga yaa?), kadang harganya turun drastis. Nah, kalo harga dari naik lalu turun jauh, belilah saat itu, karna udah 2x aku perhatiin, saat harga benar-benar turun ke harga paling rendah, itu hanya berlaku 1 hari (mungkin juga hanya beberapa jam), besoknya kembali naik tinggi, biasanya terjadi kurang dari seminggu sebelum berangkat.

Aku sempat keki, karna pas fix mau beli tiket pesawat untuk penerbangan hari Sabtu tanggal 29 September 2015, tiketnya yang penerbangan langsung dari Palembang-Denpasar entah abiss, unavailable, atau hilang entahlaah aaarghhhh padahal 1 jam yang lalu tiketnya masih ada huhuhu aku panik, langsung kontak Pipin, diskusi perubahan tanggal. Karna sebenernya rencananya berangkat hari Sabtu. Jadi pilihan kita bercabang antara berangkat hari Jumat atau Minggu :( Dengan segala pemikiran yang positif dan karna aku pingin weekend di Bali, jatuhlah tanggal 28 September hari Jumat sebagai hari keberangkatan siipp :D Oiya, aku bilang keki, kenapa sampe keki? Karna beberapa jam setelah pembayaran tiket, aku lihat kembali, tiket untuk hari Sabtu kembali muncul FFU***$%@^$% >_____< Yah gimanapun juga ini pasti kehendak YMK, apapun yang terjadi itulah yang terbaik pastinya :)

Tiket pesawat DONE! Sekarang pemilihan hotel. Milih hotel di Traveloka praktis dan infonya lengkap banget ya, review nya juga wajar dan jujur, bahkan bisa link sama google map, jadi enak nyari hotel berdasarkan lokasi. Untuk mempermudah mencari hotel yang kita inginkan, ada baiknya di filter, hotel bintang berapa, harga, dan lokasi. Carilah hotel yang pas dengan budget dan sedikit komplein, baca review itu penting loh, trust me.

Pilihan jatuh diantara 2 hotel, penilaian kita sama-sama bagus, jadinya kita pilih 2 hotel ini untuk menginap. Karna kalo aku baca review orang-orang di beberapa hotel lainnya, kebanyakan pegawai hotel di Bali  ramahnya ke turis bule ketimbang turis lokal, nah kalo ada kebaca yang kayak gini langsung aku blacklist hotelnya. Tapi 2 hotel ini sama sekali gak ada komplein tentang itu, Kuta Central Park Hotel dan 1 lagi hotel yang setelah iseng aku browsing infonya di google, pernah ada turis meninggal di salah 1 kamar disana wiiii, langsung deh coret hotelnya, so kita memutuskan untuk bermalam di 1 hotel saja huhuhu.


No comments: