---- Welcome to My Life ----

Tuesday, September 8, 2015

DALI GOES TO BALI 2015 Part 5

SAFARI DAY (Hari Keempat)

Senin pagi, 31 Agustus 2015, setelah bikin laporan keuangan kemarin yang lagi-lagi melebihi perkiraan budget pengeluaran yang seharusnya (hihihi boross!), kita mandi dan bersiap-seiap untuk pergi ke kabupaten Gianyar Bali yang jarakanya 1 jam perjalanan kendaraan. Keluar kamar hotel untuk free breakfast di restonya. Menu breakfast hari ini adalah Nasi goreng, Mie tumis, dan apa yah.. kalo ga salah kebaca ada scallop nya gitu, ada Beef Sausages, beberapa jenis kue, dan Baked Tomatoes yang asem-asem yummy, suka deh ;) Untuk minumnya ada jus mangga.
All you can eat, free breakfast every day @ Lotus and Pond Resto - Kuta Central Park Hotel Bali
Menu breakfastnya asik deh, setiap hari banyak macemnya, dan selalu ada menu spesial khas Indonesia :)
Sarapan di sini diiringi lagu khas Bali, bener-bener Baliiii bangettt :D ngangenin suasananya :')
Kembali ke kamar, untuk ganti baju. Setelah itu kita berangkat. GPS siap ditangan kiri. Jangan takut dicopet yaa, karna Bali super duper aman (insya alloh), tapi jangan juga HP nya disodorin jauh-jauh, itu mah namanya mancing biar dicopet hahaha :)) Tujuan wisata kita hari ini adalah Bali Safari and Marine Park (kita singkat BSMP aja biar gak kepanjangan ngetiknya nanti-nanti yah hehehe). Kebun binatang ini menurut hasil browsingan aku, katanya sih bagus sampe-sampe lebih bagus yang di Bali daripada yang ada di Bogor, katanyaa.. Mari kita buktikan.
Eksis dulu sebelum berangkat, untuk update Outfit of The Day (ootd) #hijabtraveler
1 jam perjalanan dari Kuta, perjalanan yang jauh naik motor, tapi karna Bali itu Asik! 1 jam ga berarti apa-apa hahaha :))
Bisa dilihat dari peta, OMG jauh benerr kan yak?! Dari hotel masuk ke Sunset Road, lanjut ke Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai, dan saat harus belok ke Jl. By Pass Dr. Ida Bagus Mantra akan ada banyak papan-papan penunjuk jalan mengarah ke BSMP, jadi tenaang, gak akan nyasar kok, hanya saja GPS harus tetep dalam keadaan online yah, takutnya BSMP nya kelewat gitu, karna kita nyaris aja kelewatan gara-gara kita pikir langsung pintu gerbang masuk, ternyata belok masuk ke dalem lagi, baru ada gerbangnya, dan mungkin juga karna udah keasikan jalan luruuuus aja sepanjang jalan hahahah:)) untung deh liat GPS.

Setelah diarahkan ke parkir motor, kita diarahkan untuk membeli tiket masuk. 90% pengunjungnya turis dari berbagai negara saat membeli tiket. Dan kalo aku perhatiin nih ya, harga turis luar sama harga kita orang lokal beda. Harga untuk turis luar lebih mahal, terbukti saat antrian didepan kita mengeluarkan banyaaak banget lembaran Rp. 50.000,-an, semahal apa siiih? Dan tibalah kita di antrian depan beli tiket. Kita disodorin ini nih:
Menurut hasil googling aku sebelumnya, HTM untuk dewasa Rp. 135.000,- udah naik Rp. 15.000,- ya?

Sang kasir mengatakan bahwa hari ini BSMP hanya menyediakan paket Safari Explorer, yaa emang sebenarnya kita kepingin pilih paket itu sih. Setelah melakukan pembayaran, kita dikasi gelang kertas untuk dipakai yang dibantu sama mbak-mbaknya. Saat masuk, tas kita diperiksa isinya, karna untuk masuk kedalam, gak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Aku liat di meja uda ada sebakul penuh botol-botol minuman yang bahkan masih disegel tutupnya. Karna kita uda baca tips2nya, jadi kita gak ada masalah dan langsung masuuuuk.

Orang-orang langsung masuk kedalam mobil safari atau tepatnya mobil setengah bus. Wiih langsung Safari Journey aja nih baru masuk? Bus full terisi, perjalanan dimulai, aku udah celingak celinguk kiri kanan nyari hewan-hewannya, kamera juga udah siap di tangan. Eeeh baru 5 menit ternyata busnya berhenti lagi, dan semua orang pada turun.. OOh cuma stasiun tooh wkwkkw :))

Di kasir tadi dijelasin jam-jam acaranya mulai kapan aja, dan rentang waktunya sedikit banget, kayak misalnya kita kan baru nyampe nih jam 10:50, di jadwalnya tertera jam 11:00 akan ada pertunjukan Animal Show. Jadi kita buru-buru langsung nyari stagenya. Nyampe, tempat duduknya udah full aja, dan emang benerr 90% buleee semua hahaha :))

Alhamdulillah atas berkat rahmat Alloh SWT gak cuma tepat waktunya, tapi ternyata masih ada sisa temapt duduk 2 orang walaupun terpisah, yang penting duduk, dan dingin. Karna di BSMP ini cuacanya panas bangett. Ada tips nih, tempat duduk centre dari stage yang berwarna kuning adalah seat VIP, sebelum show dimulai, seat tengah dijagain sama petugasnya biar gak didudukin sembarang orang. Tapi saat detik-detik acara mau dimulai, petugasnya MIA a.k.a Missing in Action alias menghilang, sooo ambil barang-barang anda, langsung ambil tuh seat VIP, udah ditengah, dingin lagi hehehe, semoga berhasil ngedapetin seat VIP nya yaa, karna rebutan bareng turis-turis yang lain loh hihihi :D
Nonton Animal Show @ Bali Safari and Marine Park
Animal Show @ Bali Safari and Marine Park
Berbagai macam hewan ditampilkan di atas panggung, yang paling aneh tuh segerombolan kucing kompak banget berlari 1 arah, keluar lalu masuk lagi ke backstage, lucu deh hahaha tapi kok bisa sih kucing kan stubborn banget untuk dilatih :D
Semua bubar setelah acara selesai.
Usai acara, semua kayak tahu harus kemana, dan kita bingung deh. Anti mainstream, kita balik ngelawan arah diantara orang-orang yang berjalan, ternyata syukuuur banget balik lagi, ada foto bareng orang utan! YEEAYY! Karna orang-orang banyak yang pergi entah kemana tadi, jadinya antrian buat foto barengnya pendek, sebentar aja udah naik keatas, foto sama anak orang utan yang kiyuuut bangett :*
Foto bareng Orang Utan :*
Ada fotografernya sih, tapi untuk nebus fotonya harganya mahal. Tapi kita dibolehin kok foto pake HP atawa kamera yang kita bawa. Lanjut jalan lagi, kita liat burung kaka tua warna-warni, cantik deh, lagi dikasih makan pisang sama pawangnya.
Baru inget ada Elephant Show jam 12:30, yang adalah sekitar 5 menit lagi, buruan deh kesana, ternyata orang-orang tadi pada menuju kesini. kalo di Elephant Show ini jangan takut gak kebagian tempat duduk karna tribunnya besar dan beratap hehehe :P Pas aja kita duduk, acara dimulai, wiiiih yang pas-pas nih adalah ridho Alloh SWT niih hihihi alhamdulillaaah :P
Area gajah disambut sama patung gajah besar
an elephant save drowning man @ Elephant Show - Bali Safari and Marine Park
Selama acara, ga sempet foto-foto, karna lebih menikmati acara yang sedang berlangsung, kan sayang  momentnya.
Gajah-gajah Bali Safari and Marine Park
Tepat setelah acara selesai, MCnya ngumumin kalo para pengunjung bisa berfoto bareng dengan gajah-gajah ini, dengan syarat gak boleh bawa makanan untuk gajahnya. Pengunjung yang ingin berfoto dipersilahkan naik ke atas panggung. Dapet antrian pertama.
Sejinak-jinaknya gajah, tetep takut juga sih, mau megang aja setengah hati hihihi >_<
Gajah DONE! Sekarang ngikut aja kemana orang-orang melangkahkan kaki. Kebanyakan sih belok kiri, yang adalah White Tiger roaarrr!! Masuk sini udah rame aja, pengunjung dilapisin sama kaca tebal sebagai jendela untuk ngeliatin White Tigernya. Pas dateng Tigernya lagi bubu cantik! Sekalian duduk-duduk nunggu tigernya bangun, kita update2an dulu nih ke media sosial. Tepat jam 1 gajahnya bangun, wih kok bisa ontime gitu ya? Hihihi :P Mulai deh tigernya jalan dari ujung jendela ke ujung satunya lagi. Jadi semua pengunjung bisa selfian gitu bareng tigernya dikala dia lewat dijendela kita. Pipin nanya2 kapan bisa foto bareng tiger, dan jawabannya adalah jam 14:15. Masih cukup lama yaaa..
The White Tiger
Macan putih ini bangun tidur tepat waktu, trus langsung jalan mondar mandir dari ujung ke ujung sampeee pengunjung puas selfian sama dia, kayaknya terlatih banget mondar mandirnya :D
Selfie sama Macan Putih
Karna masih lama, kita mau coba Safari Journey dulu nih. Safari Journey adalah petualangan naik mobil setengah bus mengelilingi tempat-tempat yang ada hewan-hewan yang jarang kita lihat sehari-hari. Contohnya ada Gajah, Jerapah, Zebra, Buaya, Kudanil, Rusa, Singa, Macan, Tapir, dan masih banyak jenis hewan lainnya.

Pas mau masuk antri, ada petugas menghadang nih, kita diminta nunjukin gelang safari buat ditulis/ditandai bahwa kita udah memakai arena ini. Antrian udah lumayan panjang sih, tapi kita malah disuruh masuk/bikin antrian baru, sedangkan ada turis dari China yang masuk setelah kita malah disuruh masuk antrian yang udah panjang tadi. Loh ko gitu yaa? 5 menit kemudiaan baru sadar, setelah antrian yang panjang tadi masuk bus safari, aku jadinya berada di barisan depan, soooo aku bakal duduk di FRONT SEAT!! Wiiii Thank youuu mbak safariiii, thank you so much :* Gak lama nunggu, bus safari berikutnya pun menurunkan penumpang, dan kita naiiik :D
Mobil safari yang siap membawa para pengunjung Bali Safari and Marine Park berkeliling meihat-lihat berbagai macam habitat hewan.
Safari Journey by Bali Safari and Marine Park
Dapet duduk front seat dalem mobil safarinya thankyouu :)
Seru ya kalo hewannya aktif, pinginnya sih hewan2nya itu ngedektin mobil safari kita gitu, biar bisa selfian hihihi :P
Habitat gajah
Lion: The King of The Jungle
Zebra ini unik, ada corak coklatnya, jadi keliatan kusam zebranya hehehe :D
Mukanya mirip gumpy, kucing aku yang ongo-ongo wkwkk :))
Hippopotamus alias Kudanil, aku ngefans sama bayi kudanil nih, sayang ga ada disini..
Ditengah-tengah perjalanan, mobilnya kadang lewat jembatan yang bikin bregetar seisi mobil, dan pemandunya meminta kita seisi mobil untuk mengeluarkan suara panjang, jadinya lucu deh hahahaha jadi tiap ada jembatan, otomatis kita ngeluarin suara panjang, abis itu pasti ketawa ngakak-ngakak bareng hihihi :P FUN!
Giraffe a.k.a Jerapah, ini gimana mau makan kalo pohonnya tinggi begitu, makan rumput apalagi  O.o
Memakan waktu sekitar setengah jam perjalanan, mobil kembali di stasiun keberangkatan tadi, kita turun dan langsung mengarah ke tempat White Tiger untuk foto bersama singa muda. Duduk sekitar 10 menitan, antrian pun dimulai. Sebenernya aku ngeri juga nih, manatahu singanya liat aku pake baju merah jadi tiba-tiba haus gitu kan wkwkwk ya tapi kapan lagi, nekatin dan beraniin diri aja ikut antrian bareng Pipin. Alhamdulillah selesai dan dapet beberapa fotonya. Sudah mencoba senyum sumringah difoto, tapi malah jadinya senyum setengah waspada dan setengah takut hihihi :P
Baru kali ini deket-deket hewan buas, megang dikit malah :D
Lihatlah pawang-pawangnya berdiri dengan sigap dan dekat hehehe :D
Jam menunjukkan pukul 13:30 WITA, perut udah mulai keroncongan tapi karna keasikan liburan begini, lupa deh urusan makan. Kita memutuskan untuk keluar, karna takutnya kemaleman. Menurut itinerary yang aku buat, ada jadwal ke pasar seni sukawati yang akan membawa kita pergi jauh lagi dari kuta. Karna gak tau kapan lagi kesini, jadi setiap nemu sopt-spot bagus untuk berfoto, kita berhenti buat jeprat jepret bergantian. Lalu keluar, ke parkiran, daaan, aku lupa berfoto di depan pintu gerbang BSMP nya nih. Jadi kita muter balik lagi buat nyempetin foto disana.
Gelang warna hijau adalah pengunjung dengan tiket reguler, kalo bule/turis kebanyakan pake gelang warna biru atau pink.
Gerbang masuk Bali Safari and Marine Park, Gianyar
Melanjutkan perjalanan ke Pasar Seni Sukawati yang lumayan jauh juga. Melewati banyak lahan perkebunan dan cuaca agak panas di siang menjelang sore ini. Ada 2 pasar seni sukawati nih. Kita milih yang ada gerbang gapura nya, yang di seberangnya itu terdapat pasar umum sukawati. Belanja disini belum masuk aja aku udah mual. Bukan mual liat tempatnya atau karna apa. Tapi lebih karna lagi-lagi berpusing ria mau mikirin oleh-oleh berapa dan apa dan ukuran, dan untuk siapa saja hahahaha :)) :P
Pasar Seni Sukawati @ Gianyar, tempat pusat beli oleh-oleh yang terkenal murah di Bali
Kasih bocoran ga yaa..? Umm, untuk detil harga ga deeh, ntar yang dikasih oleh-oleh baca blog ini, kan malu hehehe :P Pokoknya, tawarlah harga kira-kira 1/3 dari harga yang dikasih pertama kali. Jangan beli/berpatokan di 1 tempat aja. Sebaiknya keliling dulu untuk memastikan harga yang termurah disana. Biasanya mereka kompak kok, harga termurah sama disetiap toko. Kalo udah tau harga termurah, carilah toko yang menjual banyak jenis dan ukuran baju. Dari baju bayi sampe baju ukuran besar ada disini.

Jetlag abis keluar pasar seni sukawati, kita melanjutkan perjalanan. Belum diputuskan mau kemana saking masih beradaptasi sama jalan raya. Perut udah gak bisa nahan laper lagi, mungkin juga muka udah pucat. Kita berhenti di RM padang untuk makan. Sambil makan sambil liat peta, kita ngomongin kemana tujuan selanjutnya. Aku ngeliat di peta ada Bali Bird Park sekitaran sini. Jadi deh abis bayar makan, kita melanjutkan perjalanan untuk sekedar foto-foto di Bali Bird Park. Yup, sekedar foto-foto, ga masuk karna udah kesorean dan kita masih aja di sekitaran wilayah Gianyar yang jauh dari Kuta.
@ Bali Bird Park - Gianyar, Hanya foto-foto aja disini, gak sampe masuk kedalem, karna udah kesorean dan ga ada di jadwal itinerary, padahal browsing-browsing, burung yang ada didalem sini bagus-bagus warna-warni, apalagi buat foto bareng, ada nyeselnya juga gak kesini.
Puas foto-foto di Bali Bird Park, kita melanjutkan perjalanan ke Jl. Nangka Denpasar untuk membeli oleh-oleh khas Bali yaitu Pie Susu Dhian. Beli disini lebih murah ketimbang beli di Krisna atau ditoko lain. Bisa beda Rp.5.500,- per box isi 10. Kasih tau ga yaa? Kasih tau aja deh hihihi.. Pie Susu Dhian 1 kepingnya seharga Rp.1.700,- jadi untuk 1 box isi 10 harganya Rp. 17.000,- Kalo beli di Krisna atau toko lain, harganya sekitar Rp. 23.000,-an per box nya. Beli di toko aslinya juga bisa request box yang lebih besar isi 25-30, sekaliguss bisa langusng packing 1 kardus kalo beli banyak, yang harga packingnya itu Rp. 5.000,-/kardus.

Nambah lagi bawaan naik motor nih. Diperjalanan pulang ke hotel inilah aku sempet bete. Tangan kanan pegang kardus, sementara tangan kiri pegang HP sebagai GPS. Ribetnya minta ampun karna jalan di Denpasar ini banyak banget yang 1 arah. Yang harusnya belok, karna 1 arah ga bisa masuk, jadi nyari belokan lain jauuuh banget, bahkan gak sedikit pake muter dulu baru bisa lewat jalan tembusan. Agak ribet nih, untung pake motor gak sewa mobil, sampe cape sendiri, udah cape seharian berpetualang, cape nyari jalan pulang pula wkwk :)) Tapi itulah keseruannya, kalo diinget-inget sekarang kita ketawa-ketawa saking hebohnya perjalanan pulang dari Gianyar ke Kuta HAHAHA :)) Asik seru :P

Udah masuk Sunset Road, aku langsung matiin GPS, udah hafal luar kepala niih hehehe :P Legaaaa banget nyampe hotel, langsung bersih-bersih badan alias take a shower, baru bisa tiduran sebentar sebelum makan malem. Usai dinner, kita bongkar oleh-oleh, ngitung-ngitung udah cukup belum yaa. Yah kalo ada yang kelupaan mohon maaf yang sebesar-besarnya yaa huhuhu :'( dan semoga suka dengan oleh-oleh yang apa adanya :')

Pukul 22.00 WITA, kita baru inget kalo kita mau bikin reservasi buat nonton Tari Kecak di Uluwatu besok. Pemesanan tiket melalui websitenya uluwatukecakdance.com dilakukan minimal sehari sebelum pertunjukan. Keuntungan pesan tiket lewat website resminya ini ada potongan harga sebesar Rp. 30.000,- (berdua). Respon dari adminnya pun cepat, dan kita segera ke ATM untuk melakukan pembayaran lewat trasnfer sebelum jam 00:00 atau sebelum tanggalnya berubah menjadi tanggal 1 September huhuhu :P Begitulah asiknya liburan, bebas mau kemana aja kapan aja. Setelah nota parkir dicap di resepsionis, kita keluar hotel menuju Jl. Legian, yup, Jalan Legian yang terkenal dengan bom Bali dulu. Sempet ngeri juga lewat sini walaupun sepanjang jalan rame dan emang diiringi musik ajeb-ajeb kiri kanan, bule-bule juga bertebaran tak terhitung disini pada nongki-nongki asik.

Ketemu atm pertama, biasanya kalo aku mau transfer buat belanja online, aku ujicoba dulu, keluar gak kertas notanya. Ada aja ATM yang kehabisan kertas kan.. Bener banget, ternyata di ATM ini kertas notanya habis. Jadi kita pindah lagi dan nyari lagi di sepanjang JL. Legian. Ketemu nih, transfer, lalu pulang meninggalkan Jl. Legian yang super padet itu.
Foto nota, trus kirim ke admin Tarik Kecak Uluwatu
Jl. Legian Kuta Bali, lewat sini malem-malem, kiri kanan ajeb-ajeb, bule-bule bertebaran disini
Bule naik motor disini sudah biasa hehehe :D @ Jl. Legian Kuta Bali yang "hidup" di malem harinya
Kembali ke hotel segera, kita konfirmasi lagi ke adminnya lewat email, ngasi tau kl uda ditransfer + foto resi atm nya jangan lupa disertakan. Akan da balasan berupa surat voucher bertandatangan dan bercap. Tidur pulas saking capenya. Petualangan Safari Day berakhir disini, lanjut ke PART 6 - Hari Kelima yak, see you there!

Budegt untuk 2 orang hari keempat:
- Sewa motor + Bensin Full Tank Rp.50.000,- + Rp. 11.000,-
- HTM BSMP Rp. 300.000,-
- Pasar Seni Sukawati Rp.200.000,-
- Lunch @ RM Minang Rp. 32.000,-
- Pie Susu Dhian Rp. 335.000,-

Total + Lain-lain Hari Keempat : Rp. 904.400,-

Dali Goes to Bali 2015 Part 1 - Kata Pengantar (Planning & Reservation)
Dali Goes to Bali 2015 Part 2 - Departure Day (Hari Pertama)
Dali Goes to Bali 2015 Part 3 - Leisure Day (Hari Kedua)
Dali Goes to Bali 2015 Part 4 - 3DTrickArt Day (Hari Ketiga)
Dali Goes to Bali 2015 Part 5 - Safari Day (Hari Keempat)