---- Welcome to My Life ----

Saturday, September 12, 2015

DALI GOES TO BALI 2015 Part 6

ULUWATU DAY (Hari Kelima)

Selasa, 1 September 2015 pukul 07:30 WITA aku terbangun dari tidur karna ada suara tetesan air. Ngintip ke luar lewat jendela, kolam renangnya diguyur hujan, wiiiih Bali hujaaan hihihi aku lucu sendiri jadinya, kirain Bali ga pernah hujan secara pantaaai semuaa :P Hujan lumayan deras, kita kesiangan nih gegara semalem nyampe hotel aja hampir jam 12an malem, belum cuci muka, cuci kaki dan ngobrol-ngobrol sebelum tidurnya hihihi :P Masih pake piyama, aku keluar untuk breakfast sama Pipin. Hari ini menunya nasi goreng yang rasanya beda setiap hari, sosis ayam, bihun goreng, sayur kacang panjang, roasted potatoes, dll.
5th day breakfast
Suka itu yang bertabur kelapa, terbuat dari ubi kayu yang suka aku masak dirumah namanya sawut, enak deh ;)
Pancake dengan saus stroberi + madu ditaburi  kacang tumbuk, waaah pingiin lagii :D
Sarapan selesai! Kita pingin banget berenang di kolam hotel ini dari sejak sampai di Bali. Tapi karna aku masih dapet, jadi blum bisa. Dan sudah dari kemarin selesai, kita berenaaaang. Alhamdulillah udah berhenti karna untuk ke Pura Uluwatu juga gak boleh masuk kalo wanita lagi dapet, lagi lagii berkah Alloh SWT hehehe :)) Akhirnya baju renang untuk pertama kali keluar dari koper, kita langsung berenang sekitar jam 9 pagi. Masih sepi nih, orang-orang mungkin masih tidur atau sudah keluar berwisata, cuma ada kita berdua aja didalem kolam, dan ada beberapa bule yang duduk di tepi kolam sedang bersantai.

Puas berenang, masuk kamar hotel dan mandii. Hari ini rencananya ke GWK dan Uluwatu yang berada di South Kuta alias Kuta Selatan. Sudah siap, kita keluar kamar hotel, di dekat resto Lotus and Pond ada spot foto khusus untuk Kuta Central Park Hotel. Disini biasanya aku berfoto sebelum pergi untuk update Outfit of The Day (ootd) setiap harinya.
Sebelum ke Kuta Selatan, kita nyempetin dulu mampir ke Krisna, beli oleh-oleh yang masih perlu dibeli, dan  ke daerah Seminyak, ke Deus beli oleh-oleh untuk adiknya Pipin. Di Krisna jatah waktunya cuma 30 menit, molor jadi 1 jam-an. Biasa, oleh-oleh, taulah semuanya wkwkkwk :)) Lanjut ke Deus, lalu kembali ke hotel sebentar biar ga banyak bawaan. Perjalanan hari ini juga lumayan jauh, tapi ga sejauh Gianyar kemarin. Pergi lagi dengan motor Fino sekitar jam 2. Padahal jadwalnya berangkat dari hotel menuju GWK jam 12.00 biar gak telat.Oiya, pas mau ke Seminyak, kita ngelewatin jalan-jalan tikus seperti ini nih.
Pipin @ Deus Ex Machina, Seminyak Bali
Jalan tikus ini walaupun kecil, tetep dilalui mobil juga @ Seminyak
Foto didepan hotel/rumah orang Bali, aku suka banget desainnya. Pas foto ini, ada bule naik motor lewat dan ngeliatin aku, jadinya aku ketawa dan merekapun tersenyum wkwkk :))
Meski rutenya lurus aja, tapi ternyata jaraknya jauh loh, dan lagi-lagi karna Bali itu asik, perjalanan yang memakan waktu 30 menit berkendara, terasa kayak hanya 5 menit hihihi :D
Lanjut ceritanya yaa. Udah tau aja jalannya lewat mana, lurus aja di Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai sampe ada belokan, kita belok masuk ke Jl. Raya Uluwatu dan lagi-lagi lurus aja, GWK ada di sebelah kiri. Sesampainya di gerbang GWK, kita foto-foto dulu didepan.
Ini baru gerbang depannya aja, mau jumpa patungnya masuk ke dalem lagi
@ GWK, Icon Bali, wajib kesini, belum ke Bali kalo belum kesini (katanyaa..)
Dari gerbang depan sampe ke tempat beli tiket ini jalannya jauuuh bangett, tapi bagus kompleknya, ada beberapa patung-patung besar beberapa hewan.
Saat beli tiket, kita dibilangin bahwa untuk masuk ke daerah bukit batu itu loh, gak bisa karna sedang ada perbaikan atau renovasi semacamnya lah. Gpplah, yang penting bisa foto sama patung Icon Bali Garuda Wisnu Kencana. HTM lagi-lagi berbeda dengan hasil browsing aku. yang aku kira Rp.40.000,-/pack, ternyata harganya Rp.60.000,-/pack Kenapa harganya pada gak akurat ya? Langsung masuk karna dikejer waktu, dan bingunglah kita mau kemana. Gak ada pemandu atau bli-bli sebagai guide nya gitu. Ngikut aja orang kemana pergi, eeeh ujung-ujungnya tuh orang masuk WC wkwkkw :)) Jadi kita jalan menurut insting aja nih. Kaki membawa ke daerah bukit yang sedang direnovasi tadi. Karna katanya gak boleh, tapi banyak juga yang kesana, kita muter lagi, dan biar gak banyak terbuang waktu, kita nanya sama petugas kebersihannya. Diarahkan kemana, kita ngikut deeh.
Pas dateng, acara Bali Dance tengah berlangsung, musiknya yang Bali banget gitu. Setelahnya bisa foto bareng. Kita gak nonton ini karna sedang buru-buru, cuma mau foto sama patung GWK nya aja, jd cuma foto bbrp kali sama bbrp dancernya, lanjut nyari batang hidungnya GWK yang entah dimana hihihi :P
TANGGA! adalah musuhnya Pipin, karna musuhnya Pipin, berarti musuhku juga! Wkwkkw =)) Ayo Pipiiin semangaat naik tangganyaa, sedikit lagii, begitulah yaa sebagai sahabat harus saling support dong hihihi ;)
YEEAAY!! Finally nyampe juga ke lantai paling atas wkwkwk :)) good job pip, good job :D
Setelah beberapa puluh apa ratus anak tangga gitu kita lewatin, akhirnya the Biggest Statue in Bali: Garuda Wisnu Kencana (GWK) di depan mata! Hihihihi, narik nafas dulu sekitar 5 menit baru kita beraksi jeprat jepret hehehehe :D
Karna yang dateng semakin rame, kita jalan sedikit-sedikit, makin ke belakang patungnya. Trus ada ibu-ibu nawarin kita mau make wish ga di mata air, ada spotnya. Yaaa, hayuk-hayuk aja nih. Ngikut deh. Disuruh berdoa menurut kepercayaan masing-masing, sambiiiiil, di percik-percikin air gitu, abis berdoa, kita disuruh mau basuh muka sama air dari mata airnya, atau mau diminum. Wiiiih, ekstrim banget nih mau minum, jadinya cuci muka aja cukuplah yah, sekalian basuh keringet kecapean naik keatas sini hihihi :D Abis aku, gantian Pipin. Setelahnya, tengah dahi kita di tempel beras gitu. Selesai, ga lupa kasih uang seikhlasnya, kita kembali kedepan patung GWK untuk foto-foto kembali.
Di depan patung GWK kita kembali foto-foto selfie berdua pake tongsis (tongkat narsis). Udah ngerasa cukup, kita duduk-duduk sebentar sambil melihat pemandangan dari atas bukit sini. Kayanya yang kita lihat itu adalah pantai Jimbaran deh, cantiiiik banget dari atas sini loh.
@ GWK Bali, 2 foto dibawah ini tanpa filter apappun, memang langitnya biruuu bangett disana
Iseng, kita jalan di tepi-tepi, nemu semacam gazebo, karna di gazebo ada beberapa orang sedang beristirahat, gatau entah kenapa saking bandelnya kita hihihi jalan ke belakang gazebo. Ternyata di belakang gazebo ini pemandangannya lebih indah dan dapet! Pluuusss, ada tangga kecil khusus untuk spot foto! Wiii, jadi deh kita foto-foto selfie sambil ketawa-ketawa disini, ketawa karna kita tuh diburu waktu, tapi greget masih mau foto-foto belum puas disini wkwkk :))
Pas disini, aku sama Pipin rebutan mau naik tangga, alhasil Pipin anak tangga paling atas, dan aku dibawahnya, ampiiiir aja aku ndorong Pipin ke belakang wkwkwk bisa2 gelinding sampe Jimbaran sana nih :))
Power Bank (PB) harus dicolok, karna batre HP tinggal 2%, beginilah jadinya, 1 pegang tongsis, 1 lagi pegang PB, dan kualitas foto pun jadinya kurang tajam/bagus.
Telaaaat!!! Wkwkwk :)) buruan deh nurunin ratusan anak tangga lagi, keluar GWK, takutnya telat nyampe Uluwatu, karna harus pas waktunya dengan sunset, sayang banget kalo lewat. Dan kalo mau nonton tari kecak dance itu harus pilih spot yg bagus, searah sunset dan pura nya. Kita juga belum kesana, dan dilihat dari google map, kayanya perjalanannya jauh walaupun luruuuuus aja ngikutin jalan besar. Diluar ada resto, nyempetin foto disini bentar, sebeleum ke parkir motor.
Resto Jendela Bali @ GWK Bali
Naik motor, kita menuju portal parkir. Sampe disana ditanya karcis parkir, ilaaaang, entah aku simpen dimanaa tadi, yang nunggu dibelakang untungnya sabar hehehe :P Karna ga ketemu-ketemu, bli nya ngebolehin kita keluar, makasi bliii sekalian mohon maaf, tau aja kita telat hihihi :D

Keluar komplek GWK yang jauh, masuk lagi ke Jl. Raya Uluwatu, berjalan makin jauh dari Kuta semakin ke selatan. Diperjalanannya ini miriip banget mau mudik, tapi bukan mudik-mudik di daerah Palembang. Memang asing banget daerahnya. Jalannya juga naiiik tinggi, jadi Pipin di motor membungkuk gitu kayak pembalap saking takut kebalik motornya HAHAHA. Karna jalannya naik, aku sempet ngerasain kuping mampet, berasa naik pesawat hihihi :P Dijalan aku kelaperan, belum makan siang sih, ini juga udah hampir  jam 15.00 WITA. Mampir di warung makan rumahan, jarang ada resto besar, karna kita udah masuk daerah pedesaan, yaitu Desa Pecatu. Makan disini pesen nasi goreng 2 sama minum untuk 4 orang saking hausnya hehehe :D

Perut full tank! Kita kembali melanjutkan perjalanan ke uluwatu. Ditengah perjalanan, banyak mobil-mobil minibus such as APV, Avanza, Xenia, Innova mengiringi kita. Mobil-mobil ini pasti membawa/isinya turis-turis untuk nonton Tari Kecak Uluwatu juga. Tapi jujur aja, lebih seru naik motor loh hihihi :P Sepanjang jalan menuju Uluwatu kiri kanan hutan gersang. Sesekali liat peta, tapi masih jauuh aja. Beberapa lama kemudian, akhirnya semua kendaraan berhenti, antri untuk bayar parkir. Motor hanya bayar Rp.1000,- atau Rp. 3000,- (lupa) dan gak pake kali lipet jam-jam.
dari GWK ke Pura Uluwatu lumayan jauh, perjalanannya menanjak, kiri kanan hutan gersang, masuk desa Pecatu, ga kerasaaaa, uda nyampe ajaa hihihi :P Cobain deh, seruunya minta ampun :D
Masuk area Uluwatu, udah rame aja nih yang uda dateng dan parkir disini. Kalo di Bali apalagi tempat wisatanya, selalu didominasi oleh para bule-bule. Sementara Pipin cari tahu bagaimana selanjutnya, aku buang air kecil dulu di WC yang antri, antrian di WC nya para bule2 juga wkwkwk :)) Selesai, aku jadi anak hilang ini, Pipin kemana yaa? Diparkiran motor ga ada, di spot terakhir ketemu ga ada.. THERE! Pipin melambai-lambaikan 2 selendang kuning ke arah aku. Selendang kuning ini diiket di pinggang, ga nanya juga sih gunanya untuk apa. Tapi untuk wanita (pria juga ga yaa? kalo ga salah pria juga) yang pake celana pendek diatas dengkul, dipinjemin kain, masuk pura uluwatu harus sopan karna tempat suci. Pipin pake celana pendek tapi masih dibawah dengkul, jadi ga perlu pinjem kain.

Lanjut, kita ngikut aja kemana orang pergi. Setelah masuk area Uluwatu, ada persimpangan, kalo ke kanan adalah tempat dimana banyak monyet-monyet yang suka mengambil barang-barang shiny such as perhiasan, kacamata, kamera, HP, dll. Jadi, kalo kamu niat belok kanan, lepas dulu segala barang berharga yang dipakai lalu masukin dalem tas. Karna kebanyakan kacamata orang diambil lalu dipatahin sama monyetnya. Wiii kan sayang kacamatanya, apalagi kalo kacamata baca hihihi :P

Tapi kalo kamu gak mau ambil resiko barang-barang kamu hilang, langsung belok kiri juga boleh. Foto-foto disana baguuus bangett. Sebenernya aku mau sih ketemu monyet-monyetnya, tapi karna udah terlanjur belok kiri, udah terlanjur ngeliat the most beautiful view selama di Bali ini, terpesona dan tersihir bangett sampe-sampe aku gak mau beranjak dari sini hehehe :D Jadi kita tuh yang berada diatas, tinggii, pemandangan di bawah adalah laut biru dengan pantai karang, dimana ombaknya kuat dan suaranya bikin tenang hati, pemandangan di atas kiri khas Bali banget, pemandangan diatas kanan ada pura ditepi ujung tebing, dihiasi langit biru dengan hangat matahari diufuk barat yang very very very AWSOME!!! Subhanallah. Aku pingin kesini lagi pokoknya, someday! Aamiin! Love Bali So Much! (^3^)
In love with Bali :*
Soo blue, love the view so much! @ Pura Uluwatu, Bali
Selasa, 01 September 2015 - 16:12 WITA, Uluwatu Bali

Semakin sore, semakin rame yang dateng dan mau foto di spot ini, kitapun beranjak sedikit demi sedikit ke arah tempat monyet-monyet. Ditengah-tengah perjalanan, ada spot foto juga nih, ikutan deh ngantri. Kita rada-rada sedikit cemas juga sih, karna kita masih belum tau, show tari kecaknya dimana dan kapan dimulainya. Mau nanya juga semuanya buleee dan turis asia hahaha :))
Pura Luhur Uluwatu, pingin baca, tapi antrian fotonya rame hehehe :D
Itu tangga ke atas, tempat spot foto lebih bagus lagi, pingin naik, tapi Pipin gak mau karna kayanya tinggi banget, ntar kecapean ga bisa turun deh kita wkwkwk :))
Masih juga gak tau mau nanya kemana, aku langsung nekad nyari orang yang ngomongnya berbahasa Indonesia, kebetulan ada tour guide lagi ikut ngantri berfoto bersama turis yang dibawanya. Nanya deh ke bli  nya hehehe :D Bli nya menginfokan, harus nunggu loket tiket tari kecaknya buka dulu, biasanya jam 17:00, tempatnya berada di deket spot foto bagus yang pertama tadi. Baiklaaah trimakasih bli infonyaa ^_^

Muter arah, kita mengurungkan niat ke tempat monyet-monyet. Duduk-duduk sebentar karna kecapean dan haus. Oiya, dihalaman parkir banyak warung-warung tempat sekedar jajan minum atau makan yaa, kalo belum bawa makanan/minuman, beli dulu deh, karna pertunjukannya lumayan lama, sambil ngemil dan bila takut haus, disarankan jajan dulu ya di halaman parkir tadi ;) Pas baru masuk ke wilayah pura ini juga ada pengumuman lewat mic gitu, mengumumkan dengan beberapa macam bahasa, inti pengumumannya bahwa berhati-hatilah.waspada dengan monyet-monyet yang suka mencuri bawang bawaan anda wkwkwk jujur aja aku ngakak dengernya pertama kali, aku pikir ini guyonan, ternyata emang beneran hahahaha :P

Suara ramai-ramaipun terdengar, feeling kita itu sih loketnya baru buka, buruan kita datengin. Loketnya bukan berupa loket gitu, kayak loket dadakan meja segi empat, ada beberapa bli-bli ditengahnya. Karna kita bingung gimana cara nuker voucher yang ada di email kita dengan tiket resminya, jadi kita berdiri dulu mengamati orang lain. Ternyata cukup tunjukin vouchernya lewat HP, trus langsung dapet semacem karcis, dan kertas yang berisi riwayat tari kecak. Setelah dapet, kita diarahkan ke kiri, naik ke atas, pokoknya ngikutin orang-orang kemana perginya. semakin deket ke panggungnya, semakin banyak bli-bli yang memandu. Nyerahin tiket, lalu milih tempat duduk. Kalo datengnya masih sore sih jangan takut gak kebagian tempat, karna arenanya besar.
Disinilah aku ngedapetin muka jadi gosong, terbakar matahari, tapi demi view yang "mahal" banget, seumur hidup baru liat yang sangat indah kayak gini, rela deh, relaa :D
Me with my bestfriend, Pipin, alhamdulillah keinginan kita dari SMU tercapai, kalo udah punya duit sendiri bisa liburan bareng pake duit sendiri hehehe \(^0^)/
Arrgh menghadap matahari, silaunya ga nahan, mari kita bergosong-gosong ria :D
Turis-turis dari berbagai macam negara mulai memenuhi tempat duduk untuk nonton show Tari Kecak, Uluwatu Bali
Menit-menit menjelang sunset @ Uluwatu Bali
Menunggu show mulai, menunggu seat penuh.
Saran tempat duduk yang baik nih, duduklah segaris/searah matahari, walaupun terik, tapi disitulah indahnya. Karna kalo aku perhatiin, orang-orang malah duduk dipinggir dekat pembatas yang terlindung dari matahari, jadinya mereka ga bisa foto tari kecaknya bersamaan dengan view sunset yang bagi aku "mahal" banget harga pemandangan yang luar biasa ini hihihi :D Mahal maksudnya bukan besarnya rupiah untuk nonton ini, melainkan aku ga bisa ngedapetin moment begini tiap hari, malah ini pertama kali seumur hidup hehehe :) Jadi tempat penonton itu bentuknya U, pilihlah yang paling menjorok kedalam (bagian bawah huruf U). Dapet tempat duduk, diamlah ditempat sampai acara dimulai, karna akan semakin banyak orang-orang yang memenuhi dan ga ada jaminan bahwa itu tempat duduk yang sudah kamu claim bila kamu masih kesana kemari hehehe :D
Panorama View (Camera Setting) @ Show Tari Kecak Uluwati Bali
Asli silau, gak sedikit penonton yang nutupin mukanya pake tangan, kertas, topi, bahkan payung @ Uluwatu Bali
@ Uluwatu Bali
Indahnyaa so beautiful diiringi suara deburan ombak besar dikejauhan @ Sunset Uluwatu Bali
Acara sebentar lagi dimulai, para penari kecak pun sudah bersiap di pinggir
Sunset Uluwatu menanti show Kecak Dance
Detik-detik sunset, detik-detik show dimulai, sebelum penari masuk, suasana pun hening
Penari kecak pun mulai masuk, duduk mengelilingi api. Sebenernya sih aku kurang mengikuti jalan ceritanya, aku juga terlalu males baca selebaran yang dikasih tadi. Jadinya aku lebih menikmati tarian dan view sunsetnya.
Sebelum jalan cerita dimulai @ Tari Kecak Uluwati Bali
Show Kecak Dance, Uluwatu Bali 2015
Tari Kecak, ceritanya tentang cinta
Matahari semakin terbenam
Pura Uluwatu dari kejauhan, lampu-lampu kecil yang ada di tengah laut itu adalah nelayan-nelayan yang baru saja berdatangan untuk memancing ikan
Salah satu yang suka bikin kocak suasana, penontonpun tertawa melihat tingkahnya yang suka menjahili penonton hihihi :D
Langit menjelang malam dengan gradasi warna yang indah banget @ Uluwatu Bali
Can't stop say "WOW"
Recommended, kalo ke Bali wajib kesini, nonton show tari kecak diiringi sunset ya gaes!
Langitnyaaa so lovely, so beautiful, AWESOME!! :')
Show Tari Kecak yang bikin bulu kuduk berdiri, Uluwatu Bali Indonesia, proudly share this to you :)
Show Kecak Dance is finish
Show pun usai, MC menutup acara, dan semua penontonpun diperbolehkan jika ingin foto bareng para penari-penarinya. KArna dibawah uda jadi lautan manusia. Aku sama Pipin dan beberapa turis lain masih duduk aja diatas, rasanya gak mau berakhir hihihi :P Sekalian nunggu orang-orang satu-persatu meninggalkan arena. Sudah agak sepi, kita beranjak turun. Bli-blinya pun menyapa dengan sangat sangat ramah, bertanya bagaimana shownya, waahh saya terkesan sekali! a Great Show! a Must See! Hehehe ;)
Para penonton yang ngantri ingin foto bareng dengan para penari-penari kecak @ Uluwatu Bali
Sebentar aja dapet giliran foto bareng, sayang pas difoto mereka gerak-gerak nari, jadi hasil foto mereka goyang/kabur
Sama penari wanita Bali :)
Sesudah foto-foto, kita menuju pintu keluar, lagi-lagi disapa ramah terima kasih sama bli-bli nya, terimakasih kembalii ^_^ Jalan kaki menuju parkiran sekitar 100m, kalo sendirian jalan disini ngeri juga sih, tapi masih banyak turis-turis berjalan ke parkiran juga, dan gak sedikit tour guide tour guide memanggil-manggil turisnya berkumpul untuk pulang, kayak anak ayam yaa hihihi :P *kidding

Di parkiran juga sudah gak terlalu rame lagi. Beberapa masih ada yang makan minum di semacem kantin gitu. Aku beli minuman disini 1 botol seharga Rp. 10.000,-. Langsung nyamperin motor Fino kita yang berjasa banget ini hehehe, ngikut mobil di depan yang pastinya jalan keluar daerah Pura Uluwatu. Karna perjalanan lama, dan udara dingin banget, kita berhenti sebentar untuk memakai jaket, pas jalan lagi ternyata mobil didepan uda gak keliatan, ngeliat ke belakang gak ada orang wiii ngeri banget, gelap juga kan kiri kanan hutan gersang. Jadi kita rada ngebut nih. Ditengah perjalanan motor kita sering didahului pengendara motor lain yang ngebut banget. Lalu ada 1 motor yang ngedahului kita, tapi setelah berada didepan motor, dia ngelambat, kita liat dia pake baju bli khas Bali, alhamdulillaah ada yang ngiringi, makasi Blii, whoever you are or anywhere you go hihihi GBU :D

Perjalanan memakan waktu lebih dari setengah jam, jalannya menurun, dan gak sedikit aku liat warning-warning di pinggir jalan untuk berhati-hati berkendara. Ada 1 belokan, udah jalannya nurun, belok kanan 90 derajat pula, nah disini yang harus ekstra hati-hati yaa ;)
Burger King @ Discovery Shopping Mall Kuta Bali
Masuk ke daerah Kuta, aku memutuskan untuk dinner di Burger King (BK) yang tadi siang kita lihat ada di Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai dan kebetulan di Palembang belum ada nih. Tapi karna muternya jauh, jadi kita nyari BK yang ada di daerah Kuta aja, di Jl. Kartika Plaza, Discovery Shopping Mall. Sesampainya disana, parkir motor dipinggir jalan. Nyeberang jalan, aku disapa satpamnya "Assalamualaikum" hehehe "Waalaikumsalaam bapaak" ^_^

Langsung ke tujuan, resto cepat saji tepat berada di daerah mall bagian depan. Pesan disini kasirnya ramah dan membantu. Aaah lega juga habis melakukan perjalanan jauh hari ini, waktunya makaaan.
Karna di Palembang belum ada Burger King, jadi kita nyempetin untuk dinner disini, Buger King Discovery Mall Kuta Bali
Setelah melakukan perjalanan jauh hari ini, lalu ada makanan sedap depan mata Alhamduuuu lillaaah :)
Burger King di Palembang kapan ada niih? :P @ Burger King Discovery Shopping Mall Kuta Bali
Baruuu aja mau mangap, HP aku berdering. Nomornya +6221 dari Jakarta, perasaan aku udah ga enak nih. Ternyata bener, orang Sriwijaya Air a.k.a Nam Air, pesawat yang udah aku booking dari Jakarta ke Palembang jamnya dimajuin setelah sebelumnya pihak Air Asia (Bali ke Jakarta) memundurkan jam penerbangan tapi gak ada masalah selama Nam Air gak berubah jadwal. Yaaah, kalo Nam Air dimajuin, berarti pupus udah mau naik Nam Air, karna masih bingung, aku dikasih waktu sama masnya untuk pindah jadwal penerbangan Jumat pagi atau Refund Full (pembatalan dan pengembalian uang 100%).

Diskusi sama Pipin, mau pulang jumat apa refund full yang artinya kita harus pesan tiket lagi untuk penerbangan Jakarta-Palembang hari Kamis sore. Karna Jumat aku udah harus kerja, cuti udah mentok abis, jadinya kita pilih refund full yang entah berapa lama proses pengembalian uangnya, dan pesen tiket lagi. Kita nunggu besok pagi, setelah disuruh mengurus refund di kantor Sriwijaya Air terdekat yang ada di Sunset Road. Hufft kapok banget pesen tiket beda maskapai begini yaa.. Jujur aja liburan jadi terganggu untuk ngurus yang beginian, wasting my time, jadwal jadi terganggu. Thumbs down! ;(

Pulang ke hotel, kita langsung datengin internet corner hotel free dengan id dan password sama dengan wifi kamar, ngecek harga tiket pesawat di Traveloka, ada Citilink penerbangan jam 17:30. Tinggal booking aja besok sesaat setelah deal cancel penerbangan NAM Air, karna masih ragu juga kitanya.

Lewat internet corner menuju kamar hotel, masuk lewat teras belakang/kolam renang. Banyak turis lagi nongki cantik di tepi kolam renang, bilyard dan bar diiringi musik pop disco. Ikutan terhibur, karna berasa rame diluar, daripada sepi kan yah. Aku sih emang terbiasa tidur diiringi musik selama musiknya asik, bukan yang berisik :D Mandi, bikin laporan keuangan hari ini, lalu tiduuurr zzzZZZzzz Petualangan Uluwatu Day berakhir disini, besok kita jumpa lagi ya, jadwalnya main di pantai hehehe :P See you Next Chapter yaa gaes ;)